11 Jun 2018 12:44

Anggota KPPS Sitaro Dibekali

MyPassion
Ketua KPU Sitaro Stephen Londok (tengah) saat memimpin pembekalan KPPS, pekan lalu.(KPU Sitaro)

MANADOPOSTONLINE.COM—Mematangkan Pilkada 2018 pada 27 Juni nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sitaro, melakukan bimbingan teknis (Bimtek), pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi suara. Bimtek ini dikhususkan pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Siau Barat dan Siau Barat Utara, yang bertempat di Aula Kakademahe, Ondong Sabtu (9/6) pekan lalu. Saat diwawancarai, Ketua KPU Stephen Londok SE mengungkapkan, kegiatan tersebut meliputi penyampaian formulir C6 oleh KPPS.

"Serta tata cara pemungutan suara, penghitungan suara, rekapitulasi serta pengisian format C dan C1," ucapnya. Bimtek ini lanjut Londok juga membahas tahapan pemungutan suara, perlengkapan yang diterima KPPS, yang berhak memilih, pelaksanaan Tungsura di TPS, pihak-pihak yang terlibat, pelayanan pemilih secara khusus proses pemungutan suara hingga tahapan penghitungan suara. "Juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemungutan dan penghitungan suara," terang ketua KPU yang dikenal enerjik ini.

Dalam kesempatan yang sama tambahnya, diberikan materi mengenai kode etik penyelenggara Pemilu. "Karena sebagai penyelenggara, kita harus berlaku seadil-adilnya kepada pasangan calon dan partai politik. Ini merupakan hal yang wajib dalam menjaga profesionalisme," tutur Londok.

Di sisi lain, bebernya KPU juga melakukan simulasi pemungutan, penghitungan, serta rekapitulasi suara. "Hal ini agar para KPPS langsung dapat mempraktekkan seluruh materi, juga menanyakan kendala yang mungkin terjadi di hari pencoblosan," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar