11 Jun 2018 13:48

35 Eks Napi di Boltim Dapat Bantuan

MyPassion
Rudi Malah

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 35 mantan narapidana (Napi) di Kabupaten Boltim akan menerima bantuan pemberdayaan. Hal ini diungkapkan  Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Boltim Rudi Malah.

Dia mengatakan, ini sudah merupakan program pemerintah. Saat ini sudah ada 35 eks Napi yang keluar. “Semua itu akan diberikan bantuan sesuai dengan pekerjaan mereka. Jika petani akan diberikan bantuan yang berhubungan dengan pertanian. Begitupun jika memiliki pekerjaan lain," katanya.

Dia menjelaskan, untuk dana bantuan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Boltim. "Jadi berapa pun jumlah Napi yang bebas akan langsung diberikan bantuan. Baik laki-laki ataupun perempuan," jelasnya.

Malah pun memastikan, pemberian bantuan pada eks Napi tersebut harus sesuai prosedur. “Kami bekerja sama dengan pihak kejaksaan, pengadilan dan juga kepala desa. Agar informasi mengenai eks Napi tersebut bisa akurat,” katanya.

Karena eks Napi yang dimaksud katanya, adalah seseorang yang sudah menjalankan hukuman minimal satu tahun ke atas. "Ada yang hanya dipenjara satu minggu mengaku eks Napi. Oleh karena itu kami bekerja sama dengan pengadilan dan juga aparat desa agar bisa memberikan data yang akurat terhadap nama, dan lama Napi tersebut ditahan. Agar bantuan yang diberikan pun tepat sasaran," katanya.

Dia berharap, dengan adanya bantuan tersebut semua eks Napi yang sudah menghirup udara segar, bisa melakukan pekerjaan dengan baik, dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. "Tujuan dari pemberdayaan ini sebenarnya untuk menciptakan kesibukan baru dan positif untuk para eks Napi. Agar mereka sudah bisa bekerja dengan baik, dan terhindar dari hal-hal yang berakibat hukum," tutupnya. (tr-01)

Kirim Komentar