10 Jun 2018 12:47

4.285 Pasukan Siap Amankan Idul Fitri

MyPassion
Bambang Waskito (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Bambang Waskito, sudah menginstruksikan pihak terkait memantapkan pengamanan Idul Fitri 1439 H. Titik-titik yang dinilai rawan diminta dikawal ketat. Personel gabungan sudah tersebar di 15 kabupaten/kota di tanah Nyiur Melambai.

Polda sendiri sudah menerapkan operasi kepolisian bersandi ‘Ketupat Samrat 2018’. Operasi ini akan berlangsung selama 18 hari, hingga 24 Juni mendatang. Kekuatan pasukan yang dilibatkan dari Sulut ada 4.285.

Terdiri dari 1.290 polisi dan 2.995 personel gabungan dari TNI, Satpol PP, Dishub, Jasa Raharja, Basarnas, Damkar. “Berdasarkan analisa potensi gangguan kamtibmas tahun ini, pelaksanaan operasi Ketupat tahun 2018, personel diminta mewaspadai empat potensi kerawanan,” Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jhony Asadoma.

Diungkapkan wakapolda, empat potensi kerawanan tersebut, yaitu stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Kemudian permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik. Ancaman bencana alam, hingga gangguan kamtibmas seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis. Ditambahkannya, potensi kerawanan terakhir yang patut diantisipasi yaitu tindak pidana terorisme.

12
Kirim Komentar