09 Jun 2018 13:40

Waruis: Salahgunakan BOS, Akan Dipolisikan

MyPassion
Djelly Waruis

MANADOPOSTONLINE.COM—Jangan salahgunakan bantuan operasional sekolah (BOS). Jika terbukti, siap-siap masuk penjara. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), kembali mengingatkan para kepala sekolah (kepsek) agar tidak melakukan penyimpangan dalam mengelola BOS.

“Jika memang ada kedapatan oknum kepsek atau pun yang menyalahgunakan dana BOS, akan saya polisikan,” jamin Kepala Dinas Pendidikan Mitra Djelly Waruis, Jumat (8/6) kemarin.

Dikatakan Waruis, pihaknya berharap adanya laporan dari masyarakat jika memang ada oknum yang melakukan penyalahgunaan. Namun harus diikutsertakan dengan bukti yang jelas. Mulai dari asal sekolah dan oknum mana yang ditudingkan.

“Saya akan tindaklanjuti jika memang laporan jelas. Tapi kalau laporan tidak jelas dan sudah disebarluaskan. Tentu si penyebar informasi palsu yang akan saya polisikan,” tegas Waruis.

Penggunaan dana BOS dijelaskan Waruis, tidak ada intervensi dari pihak manapun. Karena penggunaan berdasarkan rencana kerja sekolah (RKS).  “BOS merupakan program strategis pemerintah dalam menunjang mutu pendidikan. Jika tidak dikelola secara profesional, tujuan mulia BOS akan kandas," jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Mitra Kisman Hala mendukung sikap tegas Disdik. Namun dalam hal pengawasan penggunaan dana BOS, katanya perlu dilakukan semua pihak. “Jadi ada dugaan penyimpangan penggunaan dana, segera laporkan ke dinas terkait atau pun DPRD. Nanti kami akan tindaklanjuti," tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar