09 Jun 2018 10:32

Tuange: Sektor Pendidikan-Kesehatan Fondasi Wujudkan SDM Handal

MyPassion
Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Tuange, bersama unsur Forkopimda, saat menyaksikan debat publik, Jumat (8/6) kemarin di gedung DPRD. (Fikantri Kaesang/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, butuh korelasi dengan sektor kesehatan dan pendidikan. Hal ini disampaikan Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Tuange. “Menurut saya, untuk pengelolaan SDM, korelasinya sangat kuat dengan sektor pendidikan dan kesehatan," ujarnya, usai menyaksikan pelaksanaan debat publik putaran kedua Pilkada Kabupaten Talaud, di Gedung Sidang DPRD Talaud, Jumat (8/6) kemarin.

Tuange mengatakan, SDM bisa meningkat jika kesehatan dan pendidikan diperhatikan. Dalam pendekatan program untuk peningkatan SDM korelasinya, yakni kesediaan anggaran pemerintah yang harus disuplai di dua sektor tersebut.

“Peningkatan kesehatan masyarakat yang pada imbasnya menghasilkan manusia sehat. Ketika manusia sehat di usia sekolah memperoleh pendidikan yang baik tentu akan tercipta SDM yang baik pula,” ucap Tuange.

Karena itu katanya, anggaran pemerintah harus fokus di kesehatan dan pendidikan. “Kepala daerah harus memperhatikan hal ini jika ingin tercipta SDM yang handal,” tandasnya. Diketahui, tema debat publik putaran kedua Pilkada Talaud difokuskan pada Pengelolaan SDM dan Kesejahteraan Masyarakat.(fik/gnr)

Kirim Komentar