09 Jun 2018 12:25

Sidak Pasar, Tetty Pastikan Harga Bapok Stabil

MyPassion
Christiany Paruntu

MANADOPOSTONLINE.COM—Bupati Christiany Eugenia Paruntu melakukan inspeksi mendadak (sidak) Pasar Amurang, kemarin. Di tengah terik matahari, Tetty, sapaan akrabnya didampingi sejumlah pejabat Pemkab Minsel menyapa pedagang. Lengkap dengan topi bundar dan kacamata, bupati cantik itu terlibat dialog dengan pembeli dan penjual. Satu per satu gang dilewati. Suasana riuh pun tampak di pusat kota itu. Usai sidak, Tetty memastikan harga bahan pokok aman jelang lebaran. "Harga masih stabil. Upaya intervensi pasar sudah saya mintakan ke pejabat terkait. Kita harap ini bisa berlangsung hingga pengucapan nanti," terangnya.

Tetty kemudian terlibat diskusi serius dengan jajaran penasehat hukum pemkab di salah satu rumah kopi di tengah pasar. Setelahnya, dia memberikan arahan kepada jajaran pejabat eselon II kemudian kembali ke Manado.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Adrian Sumeweng mengatakan, hampir tidak ada kenaikan aktivitas di 10 pasar di Minsel. Artinya, kenaikan harga pun tidak akan terjadi. "Perputaran uang tetap seperti biasa, kenaikan hanya beberapa persen karena mayoritas masyarakat Minsel non muslim," beber dia.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pemantauan di lapangan bila sewaktu-waktu aktivitas mendadak naik. Tim sudah turun di lapangan sejak akhir bulan lalu. "Kalau bapok kan sudah ada HET jadi sudah hampir pasti tidak naik. Yang kita takutnya justru setelah lebaran," urai dia.

Menurut Sumeweng, tanda-tanda kenaikan bawang rica tomat (barito) mulai terbaca dari musim yang mendekati penghujan. Olehnya, koordinasi dengan pihak terkait dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tersebut. "Operasi pasar dan pasar murah sedang dilakukan. Meskipun pasar murah hanya sekali dari tiga kali yang kita mintakan. Harapannya dampak bisa jangka panjang hingga  pengucapan nanti. Kita sekarang fokus yang dekat dulu yakni kebutuhan masyarakat yang akan berhari raya," jelasnya. (jen/fgn)

Kirim Komentar