09 Jun 2018 13:49

Sejumlah SKPD Mitra Tetap Beroperasi

MyPassion
Robby Ngongoloy

MANADOPOSTONLINE.COM—Libur lebaran kali ini tidak berbeda dari tahun sebelumnya. Meski libur kali ini lebih lama dari tahun lalu, beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tetap memberikan pelayanan seperti biasanya.

Sekretaris Kabupaten (Kabupaten) Mitra Robby Ngongoloy menjelaskan, bahwa beberapa SKPD tetap beroperasi. Antara lain, berupa layanan publik yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kemudian Pemadam Kebakaran, dan penjagaan di kantor pemerintahan tetap disiagakan. “Tetap ada petugas yang melakukan pelayanan Puskesmas dan Catatan Sipil. Kemudian juga ada dari Sat Pol PP yang tetap berjaga. Ataupun disiagakannya damkar," katanya.

Selain itu, menurutnya ada juga beberapa SKPD yang harus tetap standby. Yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PU. “Itu untuk antisipasi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi," tambah Ngongoloy.

Dijelaskan Ngongoloy, dari pengalaman tahun sebelumnya, sektor kesehatan menjadi pelayanan yang paling sibuk diantara SKPD yang disiagakan. Dikarenakan aktivitas masyarakat di luar ruangan menjadi tantangan tersendiri dengan banyaknya kecelakaan lalu lintas. "Kan untuk orang sakit tiap hari tetap ada. Jadi setiap hari layanan kesehatan itu wajib," katanya.

Namun, pelayanan lain yang sama-sama bersiaga tetap berada pada kesiapan maksimal untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Memang Kesehatan itu yang paling sibuk, tapi yang lain tetap juga kita waspada. Pengamanan di kantor pemerintahan, Pemadam kebakaran tetap berjaga. Kalau ada apa-apa bisa langsung diatasi," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Catatan Sipil David Lalandos mengatakan di libur lebaran, pihaknya tetap menyiapkan 7 sampai 8 pegawai setiap harinya. “Dua untuk pelayanan, dua pencetakan E-KTP,  lalu tiga untuk perekaman. Tiap hari semuanya akan kebagian jadwal,” katanya.

Dijelaskan Lalandos, ini dilakukan guna menyelesaikan sisa perekaman E-KTP yang masih dua ribuan lebih. “Kan kami kejar sisa wajib KTP yang belum merekam. Karena Pilkada yang tinggal dua pekan lebih,” tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar