09 Jun 2018 09:57

Sanksi Dicabut, Kopertis Apresiasi UKIT

MyPassion
BABAK BARU: Rektor UKIT Prof Dr Mezak Ratag mengangkat SK yang dikeluarkan Dirjen Kemenristekdikti yang diyakini jadi babak baru universitas milik Yayasan GMIM AZR Wenas ini. (Julius Laatung/MP)

TOMOHON—Kabar Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dalam status evaluasi Kopertis Wilayah IX, dibantah oleh pihak rektorat. Rektor UKIT Yayasan GMIM AZR Wenas Prof Dr Mezak Ratag APU secara tegas menyatakan, pasca diterbitkannya surat keputusan (SK) Kemenristekdikti bernomor 2262/C.C5/KL/2018 tertanggal 28 Mei, harusnya jadi pembuktian UKIT telah melewati proses evaluasi.

“Pimpinan Kopertis IX saat saya hubungi lewat pesan pribadi kemarin, memberikan selamat bagi kita (UKIT, red). Pimpinan Kopertis Wilayah IX Prof Dr Jasruddin meminta rektorat untuk menjalankan aktivitas akademik dan administrasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jadi kurang apalagi coba?,” ungkap Ratag.

Dikatakannya, semangat perubahan yang dilakukan sudah pasti melibatkan seluruh unsur UKIT. Tidak melanggar, apalagi melangkah di luar jalur yang ditentukan. “Apa yang kita lakukan selama ini, arahnya jelas. Bangkit dari keterpurukan akibat dualisme kepemimpinan. Nah, sekarang sementara disusun statuta yang menjadi pedoman pelaksanaan teknis baik administrasi dan akademik. Plus, semua yang kita lakukan, sudah pasti berkoordinasi dengan pimpinan daerah yang juga menjadi pimpinan yayasan,” papar dia.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Franky Tulungen menambahkan akibat pergolakan internal yang berlarut-larut. Kondisi akademik hingga kelangsungan status tenaga pengajar sempat terganggu. Namun, diyakininya, proses revitalisasi dan perbaikan komprehensif, terus didorong pihaknya.

“Jadi bagi mahasiswa yang merasa ikut terdampak akibat permasalahan kemarin. Bisa kita siasati, tidak ada kendala bagi status ijazahnya. Demikian juga dengan dosen-dosen yang bersitegang. Sudahlah, semangat kita satu, memajukan dunia pendidikan di Sulut,” ajak Tulungen.

Sembari menambahkan di bulan Agustus, ada tim visitasi dari lembaga penilai guna akreditasi universitas kebanggaan Sinode GMIM ini. Ditargetkan pula, sebelum tutup tahun, UKIT mengantongi nilai B, guna memuluskan wacana pembukaan fakultas kedokteran di tahun depan. (jul/fgn)

Kirim Komentar