09 Jun 2018 13:04

Pengurusan Administrasi Kependudukan di Minahasa Tidak Libur

MyPassion
Suasana pelayanan Dinas Dukcapil Minahasa. Instansi ini akan tetap melakukan pelayanan di masa cuti bersama hari raya lebaran. (Dok MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Mulai hari ini (9/6), kantor pemerintahan dan BUMN mulai cuti bersama. Sebagian aktivitas kantor pun terhenti. Namun, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sesuai arahan Pjb Bupati Royke Mewoh, tetap membuka pelayanan. “Sesuai petunjuk, kami tetap membuka pelayanan di waktu cuti pegawai. Yaitu tanggal 11 sampai 14 dan dilanjutkan tanggal 18 hingga 21 Juni,” terang Kepala Dinas Dukcapil Riviva Maringka, kemarin.

Dia menjelaskan, pelayanan yang dibuka Dukcapil untuk semua pengurusan surat kependudukan dan catatan sipil. “Ada dua pelayanan. Yaitu di kantor dan melalui pelayanan keliling,” katanya. Dia pun berharap, masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan agar bisa langsung datang. “Langsung siapkan persyaratan dan kami akan langsung melayani. Tanpa dipungut biaya,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Mewoh melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala menambahkan, untuk semua unit kerja yang memberikan pelayanan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan tugas seperti biasa. “Untuk hari libur dan cuti bersama, instansi pelayanan publik harus tetap melakukan layanan. Walaupun nanti diatur pegawai untuk jadwal masuk,” ujar Mangala.

Sedangkan untuk Dinas Dukcapil, Mangala memastikan akan tetap memberikan pelayanan perekaman E-KTP. “Sampai saat ini perekaman sudah mencapai 97 persen. Kita akan upayakan 3 persen sisanya akan dirampungkan pekan depan,” katanya. Dia menambahkan, dibukanya pelayanan untuk memaksimalkan partisipasi pemilih saat Pilkada nanti. “Kita berharap dengan perekaman E-KTP yang maksimal akan mendongkrak partisipasi pemilih nantinya,” kunci Mangala. (ctr-02/fgn)

Kirim Komentar