09 Jun 2018 15:14

Pemprov Sulut Lombakan Inovasi Pelayanan Publik

MyPassion
Glady Kawatu

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Biro Organisasi bakal melombakan inovasi pelayanan publik. Hal ini dibeberkan Kepala Biro Organisasi Glady Kawatu. Menurutnya, lomba inovasi pelayanan publik ini akan dilaksanakan di awal Juli nanti, bertempat di pusat perbelanjaan Manado Town Square. "Program ini untuk semua unit pelayanan publik di provinsi maupun kabupaten/kota. Kita harapkan semua unit pelayanan publik bisa mengikuti acara ini," ungkapnya.

Lomba ini menurut Kawatu, bisa menjadi ajang sosialisasi bagi masyarakat mengenai standar pelayanan publik yang dilakukan instansi terkait. Karena itu diharapnya, semua unit layanan, badan serta lembaga bisa mengambil bagian. "Biasanya seperti perizinan terpadu, mereka memiliki inovasi mengurus izin online atau bayar pajak online. Ini adalah inovasi terbaru yang akan diperlombakan serta menjadi kriteria penilaian. Pokoknya inovasi apa yang mempercepat pelayanan publik itu yang menjadi fokus utama," jelas Kawatu.

Lanjutnya, inovasi pelayanan publik ini adalah tuntutan dari pemerintah atas pelayanan publik kepada masyarakat. Dan itu sebenarnya menurut Kawatu diwajibkan untuk ikut. Apalagi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Inovasi ini kan sudah banyak. Baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Karena itu kita mendorong agar inovasi ini tersosialisasi kepada masyarakat lewat pameran yang kita gelar nanti," terangnya.

Tim penilai menurutnya, akan diambil dari akademisi, unsur pers serta Ombudsman.(tr-02/gel)

Kirim Komentar