09 Jun 2018 11:43

Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga

MyPassion
Fatmawati Kalebos

MANADOPOSTONLINE.COM—Mendekati Lebaran, harga sembako di Kabupaten Kepulauan Sitaro terus mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat pemerintah mengambil langkah alternatif, membantu masyarakat, salah satunya dengan pasar murah. Hal tersebut diungkapkan Bupati Toni Supit ketika diwawancarai Jumat (8/6). Ia membeberkan meski dalam pasar murah tersebut pemerintah tidak dapat menyediakan barito, setidaknya ada keperluan lain seperti beras, minyak, dan gula yang dapat dibeli dengan harga murah.

"Sebab ini merupakan fenomena setiap tahun menjelang perayaan hari raya. Apalagi Sitaro merupakan daerah kepulauan. Tentu dengan permintaan yang tinggi di daerah lain, akan berdampak kenaikan harga di sini. Untuk itu pasar murah merupakan salah satu solusi alternatif," ucapnya.

Sementara itu, Kadis Perindag Fatmawati Kalebos mengungkapkan, sejauh ini belum ada harga yang naik secara signifikan. "Hanya berkisar lima ribu hingga tujuh ribu. Kita juga sudah melakukan pemantauan di pasar, agar tidak ada pedagang yang seenaknya menaikkan harga sembako," ucapnya.

Jika kedapatan lanjut Kalebos, pihaknya akan memberikan sanksi tegas. "Selain itu kita juga akan turun untuk mengecek produk kedaluwarsa, yang beredar di pasar. Sebab meningkatnya permintaan, biasanya banyak pedagang nakal yang mencoba bermain curang. Pastikan harus memeriksa kondisi kemasan saat membeli," pungkasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar