09 Jun 2018 14:24

Para Seniman Sulap Kota Kumuh Mumbai Jadi Berwarna

MyPassion
Kota Mumbai dari kumuh jadi warna-warni.(AFP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kini daerah kumuh di Mumbai berubah menjadi lebih berwarna. Sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengubah area-area kumuh di Ibu Kota India tersebut turut membantu mengubah lingkungan yang kumuh kini menjadi lebih nyaman.

Para relawan telah mengubah kurang lebih sebanyak 12.000 rumah di empat wilayah berbeda di ibu kota yang memiliki 20 juta penduduk itu. Kini lingkungan yang kumuh sudah disulap menjadi kawasan nyaman yang berwarna.

Para seniman juga telah membuat beberapa karya mural sebagai bagian upaya dari kelompok LSM tersebut, di sana dituliskan Chal Rang De yang artinya adalah Let's Go Paint.

Pendiri organisasi Chal Rang De, Dedeepya Reddy mengatakan, tujuan merenovasi lingkungan kumuh di Mumbai adalah mereka ingin mengubah cara pandang orang melihat daerah kumuh di Mumbai, India.

"Ketika kamu mengatakan kumuh, maka yang kamu pikirkan pasti hal-hal negatif seperti hal yang kotor. Hal itu nantinya akan menjadi cerminan dari orang-orang di sini namun untugnya tidak terjadi. Mereka adalah orang-orang yang luar biasa, mereka individu yang bahagia dan kami ingin wilayah mereka menjadi cerminan diri mereka," tambahnya.

Banyak perkiraan yang menyatakan bahwa sekitar 40 persen penduduk Mumbai tinggal di daerah kumuh, permukiman mereka biasanya sempit dan strukturnya cenderung mudah roboh serta tidak memiliki akses toilet yang layak, seperti dilansir AFP, Kamis, (7/6).

Chal Rang De lahir tahun lalu ketika Reddy memiliki ide untuk melukis bagian luar rumah di desa kumuh yang terletak di puncak Bukit Muram di Awalpha, di utara Mumbai. Mulai saat itu, sekitar 750 relawan yang tergabung menerima panggilan untuk membantu mencerahkan lingkungan dengan mengecat rumah dengan warna pelangi melalui media sosial.

Setelah lepas dari citra kumuh, beberapa kota kini bahkan disebut sebagai Positano-nya Mumbai karena dilihat sama seperti Italia yang memiliki bangunan dengan fasad yang bersemangat.(jpc/mpo)

Kirim Komentar