09 Jun 2018 11:04

Mantan Kapolsek Airmadidi Berpulang

MyPassion
BERDUKA: Katerina Rumbajan berada di sisi jenazah suaminya di rumah duka. (Ridel Palar/MP)

MINUT—Mantan Kapolsek Airmadidi (masih Polres Minahasa) Youtje Berrty Sigarlaki, berpulang dalam usia 85 tahun. Dalam keseharianya, diceritakan istri tercinta Katerina Rumbajan, ia seorang yang tegas dan ramah.

“Kalau di ingat-ingat pas pertama kali membangun rumah tangga itu jauh dari kata berkecukupan, pada waktu itu pada tahun 1952 kami pergi ke Makassar dan tahu lah tidak ada saudara dan kenalan,” cerita Katerina saat ditemui di rumah duka di Airmadidi.

Ia juga menceritakan perjalanan karir suaminya. Youtje diterima masuk siswa SPN Makassar. Pada tahun 1953, mendapat tugas di Minahasa, selama tiga bulan.

Tahun 1967, almarhum Berrty mendapat tanda kehormatan Setya Lencana Yana Utama, yang langsung diberikan presiden pertama Ir Soekarno. “Dan seingat saya, tahun 1978 baru menjadi kapolsek Airmadidi,” tutur Katerina.

Disebutkan, Katerina dan almarhum sudah menikah selama 56 tahun. Katanya sudah banyak melewati suka duka. “Kalau tidak salah, gaji dulu itu 15 ribu rupiah. Dalam keluarga, kami mempunyai empat orang anak. Yang paling tua Meiske Sigarlaki, kedua Marlen Sigarlaki, Jory Sigarlaki dan Feby Sigarlaki,” tutup Katerina, yang saat ini sudah berusia 75 tahun.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar