09 Jun 2018 13:08

Legislator Nilai Disnakertrans Mitra Malas Data Perusahaan

MyPassion
Nolly Langingi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pendataan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mitra sedikit terhambat. Tidak pro aktifnya dua kecamatan, menjadi kendala utama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mitra. Disinyalir masih ada puluhan perusahaan yang belum terdata, namun sudah beroperasi.

Disnaketrans, melalui Kepala Bidang Syarat Kerja dan ESDM Andre Rumbay mengungkapkan, hingga kini masih ada dua kecamatan yang tak memasukkan data perusahaan. Yakni Kecamatan Belang dan Kecamatan Tombatu. “Dari semua kecamatan, hanya Tombatu dan Belang yang tidak proaktif,” katanya kemarin.

Sebelumnya, menurut Rumbay, pihaknya sudah menyurat kedua kecamatan tersebut. Dengan disertai formulir yang sudah terformat. “Tapi sampai saat ini tak diindahkan. Sehingga ini sangat disayangkan, kami kesulitan mendata perusahaan atau tenaga kerja di Kabupaten Mitra,” keluhnya.

Dikatakan Rumbay, dari hasil pendataan yang dimasukkan 10 kecamatan, tercatat ada 125 perusahaan yang beroperasi. “Itu mulai dari rumah makan, tokoh, perusahaan tambang, hingga SPBU," tandasnya.

Sementara itu, Camat Belang Irwan Abdjulu mengakui dirinya belum sama sekali mendapat surat pendataan dari Disnakertrans. "Kalau pun ada itu, belum sampai di meja saya. Sehingga saya belum tugaskan staf kecamatan untuk lakukan pendataan itu,” tepisnya.

Alasan yang sama dikatalan Camat Tombatu Hesky Kumesan.  Menurutnya, sampai saat ini belum pernah menerima surat dari Disnaker. "Nanti saya cek ke sekcam. Kalau ada langsung ditindaklanjuti," singkatnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi III DPRD Mitra Nolly Langingi menyebutkan Disnaker yang terkesan malas. Karena hanya menunggu pihak kecamatan yang bergerak.

“Harusnya mereka jemput bola. Dengan turun langsung, jangan hanya berharap pada kecamatan,” katanya. Selain itu, menurut Langingi, Komisi III bakal pantau perusahaan mana yang ilegal. Tapi sudah beroperasi. “Usai lebaran kami turun lakukan pemantauan,” tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar