09 Jun 2018 14:28

Kanada Siap Legalkan Ganja

MyPassion
Kanada siap legalkan ganja (Sky News)

MANADOPOSTONLINE.COM—Senat Kanada memilih untuk untuk melegalkan ganja, baik untuk bersenang-senang maupun obat, mulai Kamis (7/6). Kebijakan itu membuat Kanada masuk dalam kelompok tujuh negara pertama yang mengizinkan penggunaan ganja sebagai obat.

Meskipun belum ada tanggal pasti kapan ganja akan tersedia untuk dijual, ada salah satu hambatan yang ditemui atas legalisasi tersebut karena sejumlah senator Konservatif menentang rancangan undang-undang itu.

Menteri Kesehatan Ginette Petitpas Taylor mengatakan, awal tahun ini ganja hanya akan dijual beberapa bulan setelah dilegalkan. "Sebab sistem ritel yang baru perlu waktu untuk mulai bekerja dengan baik," katanya dilansir Reuters, Jumat, (7/6).

Amandemen yang diusulkan oleh senat termasuk pembatasan periklanan mengenai ganja yang ketat dan memberi saran ke provinsi apakah warga Kanada dapat menanam marijuana di rumah. Peraturan pemerintah akan memungkinkan warga Kanada untuk menumbuhkan marijuana atau ganja hingga empat tanaman di rumah untuk penggunaan pribadi.

Meskipun legalisasi telah ditunda dari peluncuran yang direncanakan pada bulan Juli oleh pemerintah, beberapa provinsi dan polisi menyatakan bahwa mereka membutuhkan waktu. Provinsi-provinsi dibiarkan bertanggung jawab untuk menetapkan bagaimana dan di mana ganja akan dijual.

Kaum Liberal yang membuat melegalkan penggunaan ganja untuk rekreasi maupun obat bagian dari kampanye pemilu 2015 yang sukses. Kaum liberal mengatakan, undang-undang baru akan menjauhkan ganja dari tangan pengguna di bawah umur dan mengurangi kejahatan terkait.

Perusahaan ganja Kanada seperti Canopy Growth Corp, Aphria Inc, Horizons Marijuana Life Sciences ETF, dan Aurora Cannabis Inc telah menjadi pusat investor. Mereka juga berupaya melegalkan ganja untuk tujuan kesenangan masyarakat.

Kirim Komentar