09 Jun 2018 12:18

Dapat Sorotan, Pemkot Manado Bakal Gelar Lomba Toilet Bersih untuk Tunjang Manado Fiesta

MyPassion
Ilus

MANADOPOSTONLINE.COM—Kebersihan toilet umum di Manado, baik milik swasta dan instansi pemerintah, mendapatkan sorotan wisatawan. Pasalnya banyak toilet yang tidak bersih. Hal ini diakui Wali Kota Manado Dr GS Vicky Lumentut.

Menurutnya, waktu dia melakukan sosialisasi Manado Fiesta 2018 di Amsterdam, banyak mendapat pertanyaan, termasuk soal toilet. “Memang terlihat masalah kecil, tetapi itu sangat berarti karena memiliki pengaruh terhadap kunjungi turis di Manado,” katanya.

Oleh karena itu, untuk menyambut Manado Fiesta akan digelar lomba toilet paling bersih antara restoran, sekolah, dan gedung miliki pemerintah, gedung ibadah dan tempat umum lainnya.

“Ini dilakukan untuk membudidayakan supaya kamar kecil menjadi bersih. Karena pada saat Manado Fiesta banyak tamu yang datang berkunjung di Manado,” ujarnya.

Dia meminta, semua toilet di Manado harus memenuhi standar. “Karena kita sudah berani membukah diri bagi wisatawan. Jadi standar toielet harus kita penuhi juga,” pintahnya.

Terpisah, Kadis Pariwisata Manado Dra Lenda Pelealu Msi mengatakan, memang disadari toilet di Manado belum ramah bagi wisatawan. Padahal kebersihan toilet sangat krusial untuk pariwisata. “Lomba ini untuk memberikan apresiasi bagi toilet paling bersih supaya menjadi motivasi dan memberikan pembinaan bagi toilet tidak memenuhi standar, supaya dipenuhi,” sebutnya.

Dia memastikan, dalam waktu dekat lomba toilet paling bersih akan digelar. “Tapi masih akan dibicarakan lagi waktu pelaksanaan dan kriterianya,” pungkasnya.(ite/can)

Kirim Komentar