09 Jun 2018 14:15

Bobakidan Simbol Kebudayaan Kotamobagu

MyPassion
Rumah adat di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Barat. Foto diambil Jumat (8/6) kemarin. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tak hanya dikenal sebagai kota model jasa. Kotamobagu juga dikenal sebagai kota pariwisata dan kebudayaan.

Salah satu buktinya, yakni rumah adat Bolaang Mongondow yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adati, rumah adat Bolaang Mongondow yang dikenal dengan 'Bobakidan' ini, merupakan salah satu ikon budaya yang ada di Kotamobagu. Bobakidan sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya.

"Sesuai nama Bobakidan, ini berfungsi sebagai tempat musyawarah Bolaang Mongondow. Rumah adat ini juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya Bolaang Mongondow di Kota Kotamobagu," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Bobakidan juga digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan berdasarkan adat Bolaang Mongondow oleh masyarakat luas. "Jadi tempat ini juga dijadikan lokasi resepsi pernikahan adat," tukasnya.

Terpisah, salah satu pemerhati budaya Kotamobagu Aswar Paputungan mengatakan, tempat-tempat wisata yang bernuansa budaya di Kotamobagu perlu didorong untuk menarik perhatian para wisatawan luar. "Objek wisata yang bernuansa budaya adalah salah satu potensi untuk mendatangkan para wisatawan luar. Sehingga perlu dijaga dan dilestarikan sebagai ikon dan nilai jual Kotamobagu," tandasnya.(tr-06/tan)

Kirim Komentar