09 Jun 2018 13:45

Akhir Tahun 2.500 KIA Boltim Diterbitkan

MyPassion
Rusmin Mokoagow

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabupaten Boltim merupakan salah satu daerah yang belum menerbitkan Kartu Indentitas Anak (KIA). Kepala Dinas Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Boltim Rusmin Mokoagow menjelaskan, alasan kenapa Boltim belum juga menerbitkan KIA. "Anggaran untuk pengadaan alat masih ditunda. Sehingga sampai saat ini belum bisa menerbitkan KIA," jelasnya.

Dia bercerita, sebelumnya anggaran untuk KIA sudah diusulkan pada tahun 2016. Namun hingga saat ini masih belum bisa terealisasi, karena anggaran untuk pengadaan alat-alat yang dibutuhkan masih belum jelas. “Kalau sudah ada anggaran, dan alat cetaknya sudah ada, KIA sudah bisa diterbitkan," katanya.

Meskipun demikian, dia tetap memastikan akhir tahun ini KIA akan segera diterbitkan. Karena anggaran sudah masuk dalam pembahasan dan akan segera dikeluarkan. "Target akhir tahun ini kami akan launching. 2.500 KIA akan kami terbitkan. Semoga saja persoalan anggaran dan pengadaan alat bisa cepat terealisasi, sehingga penerbitan akan segera dilakukan," harapnya.

Terpisah,  Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuam dan Perlindungan Anak (P3A) Boltim Richlany Mamonto mengharapkan, KIA segera diterbitkan.

Dia pun menjelaskan, pentingnya KIA bagi para anak. "KIA diterbitkan oleh pemerintah untuk pendataan, perlindungan, dan juga pemenuhan hak konstitusional. Semoga anak-anak di Boltim bisa segera memiliki KIA. Karena KIA ini memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk setiap anak," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar