08 Jun 2018 14:19

Ukir Prestasi dan Sejahterakan Rakyat Sitaro

MyPassion
Toni Supit

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro), terus berkembang pesat. Di bawah kepemimpinan Bupati Toni Supit, selama dua periode Bumi Karamando (Karangetang Mandolokang dan Kolo-kolo) telah menjadi daerah paling maju. Saat ini kabupaten dengan julukan negeri 47 Pulau tersebut, terus menunjukkan berbagai progress pembangunan.

Supit mengungkapkan, kemajuan Sitaro merupakan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat dan dapat dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan lingkar di tiga pulau utama, tersedianya pelabuhan di berbagai wilayah yang dapat menunjang perekonomian masyarakat. "Kita telah berhasil mewujudkan pendidikan gratis bagi masyarakat, serta program kesehatan Jamkesda," ujarnya.

Saat ini lanjutnya, Sitaro telah memiliki dua kapal ferry yakni Loho Raung dan Lokongbanua ditambah KM Bawal. "Jadwal kapal setiap hari, dalam menunjang sarana transportasi dan kebutuhan pokok di Sitaro. Sebagai daerah kepulauan, transportasi udara, kita fokus menggenjot penyelesaian Bandara Pihise," tambahnya.

Sekkab Sitaro Drs Herry Bogar MM menambahkan, saat ini hanya Sitaro yang memiliki dua rumah sakit daerah (RSUD) dalam menunjang pelayanan kesehatan. "Yakni Rumah Sakit Lapangan Sawang Pulau Siau dan Rumah Sakit di Pulau Tagulandang," terangnya.

Selain itu, lanjut Bogar, Sitaro mendulang berbagai prestasi. Salah satunya predikat opini WTP dari BPK-RI empat kali.

Terpisah, Kadis Pendidikan Robert Kahiking mengungkapkan, saat ini pemerintah juga telah berhasil mewujudkan pendidikan gratis. "Banyak juga beasiswa dan asrama bagi mahasiswa asal Sitaro di Manado dan Tondano," jelasnya.

Sementara itu Kabag Kesra Seska Kahiking mengatakan, angka kesejahteraan masyarakat di Bumi Karamando terus meningkat. Berada pada angka 90,52% hingga 2016 silam.

Kadis Kominfo Sitaro Hans Kalangit mengungkapkan, saat ini Pemkab terus berupaya mewujudkan tersedianya jaringan telepon dan internet secara menyeluruh. "Sekarang sudah hampir seluruh wilayah dijangkau jaringan hingga di Pulau Makalehi," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar