08 Jun 2018 10:34
UKIT-STIKOM Status Evaluasi

PALAKAT!! Tiga Kampus Sulut Ini Dilarang Terima Mahasiswa

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Sulut, STMIK Manado, STMIK Samudra Bitung, dan Akademi Pariwisata Air Madidi, dilarang menerima mahasiswa baru tahun ini. Ini sesuai data  PTS Kopertis Wilayah IX di Sulut, per Juni 2018. Tiga PTS tersebut dalam masa pembinaan.

Selain tak bisa menerima mahasiswa baru, tiga PTS itu juga dilarang menyelenggarakan yudisium/pelulusan selama masa pembinaan. Larangan tersebut berlaku hingga segala bentuk pelanggaran diperbaiki atau dipenuhi oleh PTS bersangkutan dan akan ditinjau kembali oleh Kopertis Wilayah IX.

Selain itu, Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Manado, berstatus evaluasi. Di Sulut, hanya 47 PTS yang berstatus aktif.

Karena itu, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin, menghimbau masyarakat agar jeli dalam memilih perguruan tinggi untuk putra-putrinya dalam melanjutkan Pendidikan.

“Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih perguruan tinggi dan program studi antara lain memastikan perguruan tinggi dan program studi memiliki izin pendirian dan penyelenggaraan yang terdaftar pada laman https://forlap.ristekdikti.go.id. Memastikan program studi yang dituju terakreditasi oleh BAN-PT dapat dilihat pada https://banpt.or.id atau http://lamptkes.org untuk program studi kesehatan. Dan tidak memilih program studi pada perguruan tinggi yang sedang berstatus pembinaan,” bebernya.

Sebelumnya, Menristekdikti Mohamad Nasir menegaskan, PTS yang sedang menjalani pembinaan tak boleh menerima mahasiswa pada tahun ajaran baru. "Yang sedang menyelesaikan permasalahan ditahan, mereka tidak boleh menerima mahasiswa baru," kata Nasir.

Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Totok Prasetyo menambahkan, pendampingan yang diberikan kepada PTS bermasalah, disesuaikan dengan masalah yang dihadapi. “Kemenristekdikti tidak menetapkan batas waktu pendampingan. Periode pendampingan tergantung masalah yang dialami PTS bersangkutan,” tukasnya.(tan)

Kirim Komentar