08 Jun 2018 14:21

Masuk SMA, Siswa di Sangihe Diwajibkan Tes Urine

MyPassion
Djoli Mandak

MANADOPOSTONLINE.COM—Siswa SMP yang akan melanjutkan ke SMA harus melakukan tes urine dan mendapatkan surat keterangan bebas narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sangihe.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Sangihe Drs Djoli Mandak. Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melalui Dinas Pendidikan terus berupaya memaksimalkan pelayanan pendidikan bagi para siswa. Di mana penerapan tersebut salah satu pencegahan sebelum melanjutkan studi ke jenjang SMA.

Tahun 2018 ini ada tiga sekolah di Sangihe yang ikut program tersebut. "Ini salah satu terobosan Dinas Pendidikan Provinsi Sulut. Dikarenakan ada siswa diduga menggunakan narkoba. Tahun 2018 ini tiga sekolah sudah menerapkan. Yakni SMA N 1 Tahuna, SMA N 1 Manganitu, SMA N 1 Tamako," ungkap Mandak saat dikonfirmasi Kamis (7/6) kemarin. Lanjutnya, salah satu syarat melanjutkan pendidikan yaitu harus ada surat keterangan bebas Narkoba BNNK Kepulauan Sangihe.

"Nanti ada uji coba, di mana penerimaan siswa baru dari tiga sekolah tersebut harus ada surat keterangan bebas narkoba," jelas Mandak.

Terpisah, Kepala BNNK Kepulauan Sangihe, Sofie Tamburian mengatakan pihaknya sementara melayani calon siswa yang akan melanjutkan pendidikan di tingkat SMA, untuk diterbitkan surat keterangan bebas narkoba. "Sudah ada siswa yang datang meminta surat keterangan bebas narkoba. Sebelum surat tersebut diterbitkan, harus melakukan tes urine terlebih dahulu," ungkap Tamburian.(wan/gel)

Kirim Komentar