08 Jun 2018 10:13

Ketua Senat Unsrat: Menteri Keluarkan SK, Prof Ellen Langsung Dilantik

MyPassion
Ilustrasi Unsrat

MANADOPOST-Prof Ellen Kumaat kembali dipercayakan l memimpin Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado periode 2018-2022. Pada pemilihan rektor (pilrek) yang berlangsung Jumat (7/6) siang, ia menyisikan dua calon lain, yaitu Prof Telly Sumbuh dan Prof Dody Sumajouw.

Ketua Senat Unsrat Prof Janny Kusen menjelaskan, secepatnya akan segera menyampaikan hasil pemilihan ke menteri. “Tahapan selanjutnya, tinggal proses di Jakarta, dan menunggu SK menterinya. Pun pelantikan. Jadi surat suara dan hasil pemilihan rektor akan dibawa ke Jakarta dan dilaporkan ke menteri. Kalau menteri sudah keluarkan SK, maka akan langsung pelantikan," terangnya.

Dia juga menegaskan, proses pemilihan sudah sesuai ketentuan. Tata cara sudah sesuai. Dan proses pemilihan sesuai dengan ketentuan. “Hadir sekira 73 dari 75 anggota senat. Ada juga perwakilan dari Menteri yang diutus. Dan sudah menyalurkan sekira 35 persen suara. Sekira 40 kertas suara yang diisi satu persatu oleh perwakilan, atas nama menteri. Jadi memang tidak diketahui, siapa yang dipilih," terangnya.

Lanjut Prof Kusen, pelantikan akan diusahakan secepatnya. “Untuk pelantikan, tinggal dilihat nanti. Tapi kan untuk periode ini, nanti akan berakhir 24 Juli. Kemungkinan pada waktu itu. Intinya akan diusahakan secepatnya, pas dengan waktu habis periode ini, agar tidak vakum. Begitupun dengan berkasnya, akan secepatnya dibawa ke menteri,” papar Kusen, sembari menyebutkan untuk tempat pelantikan akan disesuaikan.  “Yang akan melantik adalah menteri atas nama presiden. Tapi tidak tahu, apakah akan dilantik di sini (Sulut) atau di Jakarta,” tegasnya.

Menurut memang ada dinamika. Namun begitulah bentuk demokrasi. “Kiranya Unsrat akan lebih baik kedepannya. Dan ini hanya tugas tambahan (jabatan rektor), tugas utama adalah mengajar,” pungkas Prof Kusen.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar