08 Jun 2018 13:39

Kemenkeu Bakal Tatar Manajemen Keuangan di Tomohon

MyPassion
Wali Kota Jimmy Eman saat berkunjung ke Kemenkeu, Kamis (7/5) kemarin.(Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Penggunaan anggaran daerah plus alokasi dana pusat semisal Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) wajib dioptimalisasi.  Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat berkunjung ke Kemenkeu, Kamis (7/5) kemarin mengatakan, permohonan permintaan program internship yang direncanakan Agustus nanti. 

“Kemenkeu memberikan signal positif. Bukan berarti, sumber daya manusia kita kurang optimal dalam pelaksanaan pengelolaan dan manajemen keuangan. Namun, ada hal-hal teknis yang lebih dipahami orang-orang pusat,” ungkap Eman.

Kasubag Pengembangan SDM Kementerian Keuangan RI  Nyimas Herleni Rahma Zella menambahkan, untuk waktu disesuaikan Pemkot Tomohon. “Kemenkeu siap menunjuk sejumlah tenaga ahli nantinya,  waktu pelaksanaan, sepenuhnya kita serahkan ke pemerintah kota Tomohon,” singkatnya.

Di tempat yang sama Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi menyatakan, profesionalisme pengelolaan anggaran selain berdampak pada penilaian kinerja pemerintah, juga berimbas pada perbaikan kualitas hidup masyarakat. “Plus tahun depan, jika OPD baru sudah ada. Fokus BKD sebagai bendahara penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan optimal. Nah, internal ini yang ingin kita perkuat,” ujar Mogi 

Dia menambahkan, jika tidak ada halangan, pelaksanaan program pendampingan tersebut akan dihelat minggu pertama Agustus. “Rencananya tanggal 5 sampai 9 Agustus, untuk berapa orang yang dikirim Kemenkeu, sepenuhnya diatur pusat,” pungkas dia.(jul/fgn)

Kirim Komentar