08 Jun 2018 13:36

Bakal Dibangun Dua Lantai, Renovasi Pasar Tondano Dibanderol 2,7 Miliar

MyPassion
Pasar Tondano bakal direnovasi menjadi lebih modern. Tak tanggung-tanggung, sebesar Rp 2,7 miliar dianggarkan.(Mendy Pangalila/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bakal membangun kembali pasar tradisional Tondano. Tak tanggung-tanggung anggaran sebesar Rp 2,7 miliar digelontorkan. “Rencananya, anggaran ini akan membuat pasar Tondano terlihat modern. Bakal dibangun dua lantai, lantai atas sebagai food court,” ungkap Kepala Pasar Tondano Jefrry Angkow.

Dia mengatakan, rencana ini merupakan program pemerintah melalui dinas perdagangan untuk menata pasar. “Tahun ini untuk pasar tondano telah ditetapkan. Sebesar Rp 2,7 miliar dan seluruh tahapan pelaksanaan dalam rangka untuk memulai proyek tersebut sudah dilakukan,” ucap Angkouw.

Dilanjutkannya, pihaknya sudah menyediakan relokasi tempat sementara untuk mereka berjualan. “Karena tidak mungkin pedagang yang kena proyek dan mereka tidak akan berjualan, dan yang pasti pihak petugas pasar menyediakan tempat sementara untuk berjualan,” ungkapnya. “Tentunya kami harapkan adanya kerja sama yang baik pihak pedagang agar bisa memaklumi,” pungkas Angkouw.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Oklen Waleleng berharap, pembangunan pasar dapat lebih representatif. “Supaya bisa lebih bersih. Dengan adanya pembangunan yang baru diharapkan image pasar kumuh, becek dan kotor sudah tidak ada lagi,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, dengan infrastruktu yang memadai, pasar Tondano bisa menjadi contoh pasar tradisional yang memiliki fasilitas modern. “Pasar ini pun bisa menjadi contoh bagi pasar tradisional lainnya,” pungkas Waleleng.(ctr-02/fgn)

Kirim Komentar