08 Jun 2018 16:19

65 Bantuan Nelayan Boltim Segera Diberikan

MyPassion
Erna Mokodongan

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 65 bantuan kepada kelompok nelayan di Kabupaten Boltim akan segera diberikan. Kepala Dinas Perikanan Boltim Erna Mokodongan mengatakan, saat ini bantuan tersebut masih dalam tahap verifikasi. "Setelah semuanya sudah selesai diverifikasi akan langsung dibagikan kepada semua kelompok nelayan yang ada," ungkapnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa jenis bantuan yang akan diberikan tahun ini. Antara lalin, 30 perahu ketinting, lima unit jaring ingsang, lima unit mesin tempel ikan, delapan unit freezer dan 17 full box dengan estimasi anggaran kurang lebih Rp 700 juta. "Estimasi anggaran untuk semua jenis bantuan tersebut berkisar Rp 700 juta," sebutnya.

Mokodongan menjelaskan, semua nelayan yang ada di Boltim masih tradisional. Artinya mulai dari proses penangkapan hingga penjualan ikan masih menggunakan alat-alat yang sederhana. Sehingga pihaknya terus mendorong para kelompok nelayan, agar bisa menghasilkan ikan yang banyak dengan memberikan bantuan dan juga perlindungan. "Kami berupaya untuk memberikan stimulan bantuan. Agar mereka bisa termotivasi untuk bekerja," katanya.

Dia menambahkan, semua ikan yang didapat oleh para nelayan, selain dijual di pasaran lokal, juga di supplier dibeberapa daerah seperti Bitung dan Manado. "Penjualan masih disekitar Sulawesi. Belum keluar, karena belum ada pabriknya. Semoga dengan bantuan yang nantinya akan diberikan semua nelayan semakin termotivasi untuk bekerja," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar