08 Jun 2018 12:47

10 Kelompok Tani Bitung, Dapat Bantuan 24.000 Bibit Kelapa Dalam

MyPassion
Wali Kota Mas Lomban, saat menanam bibit kelapa dalam di Kelurahan Kumersot, Kecamatan Ranowulu, Rabu (6/6) lalu.(Dok. Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekira 24.000 bibit kelapa dalam, disalurkan ke 10 kelompok tani di Bitung. Ini merupakan bantuan Dinas Perkebunan Sulut bekerja sama dengan Badan Penelitian Palma. “Semoga bantuan ini dapat ditambah lagi. Saya juga memotivasi kelompok tani agar merawat bantuan ini sampai memiliki hasil,” harap Wali Kota Bitung Max Lomban, saat menyalurkan bibit kelapa dalam di Kelurahan Kumersot, Kecamatan Ranowulu, Rabu (6/6) lalu.

Dengan kondisi harga komoditi kopra yang anjlok, Lomban berharap petani tidak kecewa. Karena selain dijadikan kopra, kelapa bisa dijual utuh untuk diproses menjadi Virgin Coconut Oil (VCO). “Kita punya pabrik VCO yang bisa mengolah 1.000 kelapa per hari,” ungkapnya.

Wali kota bersama Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma Sulut Ismail Max Kromo dan Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Bitung Sony Wenas, juga langsung melakukan penanaman bibit kelapa dalam tersebut.

Selain bibit kelapa dalam, Lomban juga menyerahkan uang Rp 7 juta untuk pengolahan lahan 20 hektare, herbisida 400 kilogram, pupuk enam ton dan kelengkapnnya. Adapun 10 kelompok tani yang menerima bantuan itu yakni  Melati-Danowudu, Tumou Tou-Danowudu, Warug-Kumersot, Tamporok-Kumersot, Kinekes-Kumersot, Mekar Sari-Tewaan, Esa Genang-Tewaan, Muda Mandiri-Dua Sudara, Dua Matuari-Dua Sudara, dan Dembet-Apela Satu.(tr-03/tan)

Kirim Komentar