07 Jun 2018 23:27

SAS Dorong Tingkatkan Kualitas Pendidikan

MyPassion
Wakil Wali Kota SAS saat dalam penutupan Pelatihan Pengelolaan Dana Pendidikan Tahun 2018 di AAB Guest House Tomohon, Kamis (7/6). (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM — Sebanyak Rp 123 miliar anggaran pendidikan yang diplit di APBD induk Pemkot Tomohon tahun ini. 

Dari jumlah tersebut, hampir setengahnya diperuntukkan untuk menggaji para guru yang berjumlah 1.081 Belum lagi rencana peningkatan sarana sekolah.

Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) pun mendorong dana pendidikan untuk bisa ditambah dalam APBD perubahan nanti. “Bisa memang murni ditambah, atau ada dari SKPD lain yang digeser,” ungkap SAS di sela penutupan Pelatihan Pengelolaan Dana Pendidikan Tahun 2018 di AAB Guest House Tomohon, Kamis (7/6).

Lanjut dia, upaya pemerintah tersebut wajib dilaksanakan pengguna anggaran dengan penuh tanggung jawab. Pengelolaan yang tersistematis, terencana dan akuntabel.

“Jangan nantinya saat pertanggungjawaban keuangan tahun depan. Oleh auditor ditemukan hal kurang jelas,” pungkasnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kota Tomohon Piet Pungus menyatakan, pihaknya terus melakukan supervisi terkait penggunaan anggaran daerah, apalagi soal dana pendidikan. “Karena bidang ini termasuk sektor krusial. Tomohon dikenal sebagai kota pendidikan. Kalau memang ada wacana, nanti bisa dibahas bersama,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dolvin Karwur mengatakan, proses peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik sejalan dengan peningkatan kualitas akhir peserta didik.

“Beruntung beban kita sebagian sudah berpindah ke Provinsi. Kalau memang masih ada hal teknis yang belum bisa mencukupi di alokasi awal ini, mudah-mudahan dalam pembahasan APBD-P nanti bisa teratasi,” ungkap Karwur. (jul/fgn)

Kirim Komentar