07 Jun 2018 10:29

Puskesmas Bitung Dapat Tambahan Alkes

MyPassion
Frangky Soriton

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengadaan alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan tahun ini di Bitung sekira Rp 11-15 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr Frangky Soriton, pengadaan tersebut tak hanya di sembilan Puskesmas. "Melainkan di tiga puluh Puskesmas Pembantu (Pustu), enam puluh sembilan Puskesdes dan tiga puluh Pondok Bersalin Desa yang tersebar di wilayah Kota Bitung," ucapnya.

Katanya, ini untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dimulai dari infrastruktur dan prasarana menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang menjadi program prioritas Pemerintah Kota Bitung.

"Puskesmas di Bitung bisa menangani 144 jenis penyakit. Jadi kalau kita tingkatkan alkes atau alat penunjang lainnya, otomatis masyarakat tak perlu lagi ke rumah sakit," jelas Soriton.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD Kota Bitung Victor Tatedune menilai sektor kesehatan di kota Cakalang semakin baik. Dikatakannya bila Dinkes melakukan penambahan fasilitas kesehatan di Puskesmas maupun Poskesdes itu sangat baik.

"Kesehatan adalah yang harus diutamakan. Jadi, apabila alat penunjang semakin baik disediakan di Puskesmas-Puskesmas, maka bisa dipastikan masyarakat yang dalam kondisi sakit, bisa sembuh di Puskesmas tak lagi di Rumah Sakit," tutupnya.(tr-03/tan)

Kirim Komentar