07 Jun 2018 09:21

Periksa Bupati Cantik Ini, Kajari Izin Mendagri

MyPassion
Christiany Eugenia Paruntu

MINSEL—Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu, akan diperiksa Kejari Minsel sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek Penguatan Tembok Pantai Ranoyapo, Kecamatan Amurang. Untuk itu, Kejari telah melayangkan surat permohonan izin ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kajari Lambok Sidabutar mengatakan, penyidik membutuhkan keterangan dari salah satu kepala daerah tercantik se-Nusantara terkait  penetapan status darurat bencana, dua tahun lalu itu. "Jadi kita masih tunggu izin itu. Ibu bupati nanti kita periksa sebagai saksi yang menandatangani penetapan status," terangnya, kemarin (6/6).

Meski begitu, pria berdarah Batak itu meminta masyarakat tidak berspekulasi atas upaya pemanggilan tersebut. Asas praduga tak bersalah harus dikedepankan. "Kami tidak mau berandai-andai. Keterangan ibu bupati kita butuhkan untuk melengkapi berkas perkara. Bagaimana nanti tergantung tahapan penyidikan," tuturnya.

Lambok menyebut, semua proses yang dilewati selama ini sudah sesuai aturan. Keputusan  penggeledahan diambil karena semua pihak yang diperiksa urung menunjukkan SK Penetapan Tanggap Darurat Bencana yang dimintakan sebagai salah satu bukti kunci penanganan kasus. "Yang kita cari ada di sana. Itulah kenapa penyidik mengambil kewenangan yang memang kita miliki. Untuk mencari barang bukti tersebut, kami juga melakukan hal sama di kediaman tersangka HK," beber dia.

Terkait berapa lama lagi waktu berkas dilimpahkan ke pengadilan, Lambok memastikan itu tinggal menunggu waktu. Pihaknya telah memperpanjang penahanan tiga tersangka. "Hampir 90 persen. Sebentar lagi, karena kan ini mau libur panjang," tukasnya.(jen/tan)

Kirim Komentar