07 Jun 2018 13:14

Pangkalan TNI AL Dibangun di Pananaru

MyPassion
Setyo Widodo

MANADOPOSTONLINE.COM—Realisasi pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kampung Pananaru Kecamatan Tamako tinggal menunggu penyelesaian  masterplan dan sertifikasi lahan. Hal ini dibenarkan Danlanal Tahuna Kolonel Laut Setyo Widodo SE MSi ketika dikonfirmasi, Rabu (6/6) kemarin. Dikatakannya, target pembangunan pangkalan akan dilakukan secepatnya. Apalagi persyaratan lainnya sudah terpenuhi. Seperti rekomendasi Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dan kepengurusan persyaratan sertifikasi. ”TNI AL tidak mungkin berani bangun jika dokumennya belum lengkap. Untuk pangkalan di Pananaru tinggal menunggu masterplan serta sertifikasinya,” ungkap Danlanal.

Disentil terkait wilayah Pananaru yang menjadi lokasi pangkalan, Danlanal memastikan lokasinya sudah strategis dan aman dari gangguan cuaca ombak. Serta kondisi geografis bawah lautnya sangat memungkinkan dari sisi kedalamannya. Termasuk kapal-kapal besar KRI sangat memungkinkan bermanuver melakukan persiapan merapat ke dermaga. ”Pananaru sangat strategis untuk pangkalan TNI AL. Apalagi dari hasil survei sangat memenuhi syarat,” kata Danlanal.

Ditambahkannya, kehadiran pangkalan TNI AL di Sangihe selain untuk lebih memaksimalkan fungsi pengawasan laut dan keamanan di perbatasan, juga menunjang program pemerintah setempat.(wan/gel)

Kirim Komentar