07 Jun 2018 10:36

Kejari Godok Kasus Perjalanan Dinas Anggota Dewan di Mitra

MyPassion
Lambok Sidabutar

MANADOPOSTONLINE.COM—Kejaksaan Negeri (Kejari) Amurang, terus mendalami dugaan penyelewengan anggaran perjalanan dinas anggota dewan Minahasa Tenggara (Mitra) tahun 2016 silam. Hal ini dikatakan Kepala Kejari Amurang Lambok Sidabutar. Kekinian diungkapkannya, kasusnya dalam tahap penyelidikan.

“Memang saat ini masih dalam tahap lidik (penyelidikan). Laporannya sudah masuk.  Namun, kita teliti secara satu per satu. Kalau tidak valid, tentu tak akan diajukan ke tahap selanjutnya,” jamin Sidabutar saat dikonfirmasi di Kejari, Rabu (6/6). 

Sidabutar juga mengungkapkan, laporan tersebut bukan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BP). Namun berdasarkan laporan masyarakat. “BPK tidak pernah memberikan laporan. Itu laporan masyarakat masuk ke Sekretariat Kejari,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan dalam laporan tersebut menyebutkan adanya uang perjalanan dinas yang tidak digunakan atau fiktif, tapi tidak dikembalikan. Sehingga harus dicek satu per satu. “Akan dilihat mata anggaran, kegiatan apa saja, kunjungan ke mana,  mana yang tidak dilaksanakan tapi sudah menerima uang. Jadi kami teliti dulu,” jelasnya.

Dalam kasus ini, Sidabutar mengungkapkan pihaknya sudah pernah melakukan pemeriksaan terhadap sekretaris dewan (sekwan) Mitra. “Yang pasti kami sudah periksa sekwan Mitra. Karena sekwan yang bertugas sebagai pengelola kegiatan. Sementara untuk pemeriksaan para anggota DPRD, akan dimintakan izin terlebih dahulu,” tukasnya.

Masih diungkapkan Sidabutar, total kerugian negara pada kasus ini belum bisa ditentukan. “Karena harus diperiksa, baru bisa ditentukan berapa kerugian negara,” pungkasnya. Sekwan Mitra Hans Mokat, saat coba dikonfirmasi via ponsel, hingga kemarin malam belum bisa diwawancarai.

Diketahui, desakan penuntasan kasus ini datang dari Koordinator Sulut Corruption Watch (SCW) Deswerd Zougira. “Kejari Amurang  wajib segera melakukan penindakan lebih lanjut terhadap dugaan penyimpangan penggunaan dana perjalanan dinas para anggota DPRD Mitra tahun 2016 itu,” pungkasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar