07 Jun 2018 13:28

Jelang Lebaran, Lampu Botol di Kotamobagu Laku Keras

MyPassion
Penjual lampu botol di Jalan Datoe Binangkang, Kelurahan Kotamobagu, Rabu (6/6). (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Minggu terakhir di bulan puasa, terpantau kemarin (6/6), penjual lampu botol mulai berjejeran di Jalan Datoe Binangkang, Kelurahan Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Menurut salah satu penjual Cornelis Lukas (71), lampu botol itu akan digunakan saat malam pasang lampu atau Monuntul yang sudah menjadi tradisi masyarakat Bolaang Mongondow, termasuk Kotamobagu untuk memeriahkan bulan suci Ramadan.

"Biasanya menjelang lebaran banyak masyarakat yang membeli lampu botol begini yang akan dipasang tiga malam sebelum hari raya. Mereke lebih memilih membeli dibandingkan membuat sendiri," ujar kakek delapan cucu ini.

Satu botol lampu, dijual Rp 2.000. “Sudah empat hari saya jualan. Hasilnya sangat cukup untuk tambahan penghasilan keluarga Setiap tahun buat 500 lampu. Botolnya saya kumpulkan dari warung-warung,” tukasnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akan menggelar lomba Monuntul dengan total hadiah puluhan juta rupiah. “Salah satu indikator yang menjadi penilaian dalam lomba ini adalah sinkronisasi dan kerapiannya. Tentu itu harus rapi, dekorasinya juga harus sinkron dengan wajah desa. Tidak boleh menggunakan badan jalan, kalau sampai pakai langsung digugurkan," ujar Asisten II Setkot Kotamobagu Gunawan Damopolii.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Adin Mantali berharap, lomba yang akan diikuti oleh 33 desa/kelurahan tersebut, dapat meningkatkan kreativitas menyambut dan memeriahkan bulan Ramadan. "Kegiatan seperti ini tidak harus menunggu dari pemerintah. Namun proaktif dan kreatifitas dari masyarakat untuk memeriahkan bulan Ramadan itu yang sangat penting," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementrian Agama Kotamobagu, Muhamad Husen mengatakan, Monuntul ini merupakan tradisi yang sejak lama selalu dilakukan. "Semoga ini bisa lebih meningkatkan ketakwaan dan nilai-nilai iman, tidak hanya dalam menyambut Lebaran," singkatnya.(tr-06/tan)

Kirim Komentar