06 Jun 2018 14:47

Waspada Makanan Kadaluwarsa

MyPassion
Ramlah Mokodompis

MANADOPOSTONLINE.COM—Perayaan Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Karena itu, pemerintah akan mengawasi peredaran makanan kadaluwarsa jangan sampai dikonsumsi masyarakat. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah  (Disperindagkop dan UKM) Boltim Ramlah Mokodompis, melalui Sekretaris Disperindagkop dan UKM Sunardi.

Menurut Sunardi,  dari hasil Sidag yang dilakukan oleh Disperindagkop dan UKM, ada beberapa jenis makanan kadaluwarsa yang ditemukan. "Banyak makanan kadaluwarsa yang masih diperjual-belikan. Semua barang tersebut sudah langsung kami tarik dan pemiliknya dilarang melakukan penjualan lagi. Karena hal tersebut berbahaya," katanya.

Dia memastikan, saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan di semua ritel modern dan juga di pasaran. "Hampir setiap hari kami turun Sidag. Itu untuk memastikan semua barang yang dijual layak dikonsumsi atau tidak. Selain itu juga pengawasan harga bahan pokok juga menjadi fokus kami," katanya.

Dia pun berpesan, pada semua pedagang untuk tidak menjual makanan yang sudah kadaluwarsa. Karena jika kedapatan akan diberikan sanksi yang tegas. Dia mengimbau, agar masyarakat untuk lebih cerdas lagi dalam membeli bahan makanan. "Harus diperhatikan tanggal dan batas produksinya. Jika ada toko atau makanan kadaluwarsa yang ditemukan segera laporkan, kami akan menindak dengan tegas," kuncinya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar