06 Jun 2018 12:29

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Politeknik Manado Jalin Kerja Sama Dengan NMC Amerika

MyPassion
Direktur Politeknik Negeri Manado Ever Slat bersama Program Coordinator NMC Edward Bailey, usai penandatanganan MoU.

MANADOPOSTONLINE.COM—Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Politeknik Negeri Manado menjalin kerja sama dengan Northwestern Michigan College (NMC) Amerika. Ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama atau MoU oleh Direktur Politeknik Negeri Manado Ir Ever N Slat MT bersama  Program Coordinator NMC Edward Bailey, baru-baru ini.

Direktur Politeknik Negeri Manado Ir Ever N Slat MT melalui Wadir Bidang Akademik Dra Maryke Alelo MBA mengatakan, ada tiga poin penting dalam MoU antara Politeknik Negeri Manado dengan NMC Amerika. “Yakni menyangkut pengembangan pendidikan dalam bentuk pelatihan, pertukaran mahasiswa dan dosen serta kerja sama  penelitian," katanya.

Lanjutnya, dalam kerja sama ini sangat memungkinkan mahasiswa dan dosen kedua institusi, untuk melakukan penelitian bersama. “Juga menerbitkan hasil penelitian dalam jurnal internasional terindeks scopus, serta pengabdian pada masyarakat," jelasnya.

Dia membeberkan, turut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut, sekira 16 orang mahasiswa dan dosen dari NMC. Diantaranya, ada yang memiliki keahlian di Bidang Unmanned Aerial Systems, Facility, GIS and Marine Data Systems serta Marine Technology. “Sementara mahasiswa dari NMC yang hadir, berasal dari Program Studi Marine Technology, Freshwater Water Studies dan Unmanned Aerial Systems," bebernya.

Dia mengungkapkan, kunjungan berlangsung sekira 10 hari, di bawah pimpinan Ketua Panitia Kerja Sama sekaligus Ketua Jurusan Pariwisata Oktavianus Lintong. “Northwestern Michigan College memberikan pelatihan kepada mahasiswa dan dosen Politeknik, tentang pengoperasian ROV,  3D Aerial Imagery dan Water Quality Checker. Pelatihan ini diikuti dengan aplikasi di lapangan, yang memungkinkan peserta pelatihan untuk mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuan yang dikembangkan selama pelatihan," jelasnya.

 

Selain kegiatan pelatihan kata Alelo, kedua institusi melakukan penelitian bersama. Hasilnya sudah dipaparkan dalam seminar internasional sekira 30 Mei lalu, On Coral  Reef, Marine  Technology and Marine Tourism". “Keynote Speaker dari NMC yakni Edward Bailey dan Scott Jason mempresentasikan Marine Technology ROV, Sonar and 3D Aerial Imagery, dari pihak industri diwakili oleh Stefan Ottomanski  dengan topik Empowering Local Community Through Home Stay Program. Sedangkan Politeknik Negeri Manado Maryke Alelo, mempresentasikan Collaboration and Partnership Instead of Competition to Save Marine Environment,” paparnya.  

Dia juga menambahkan, ada juga meteri Degradation of Coral Community in a Tropical Reef of Bunaken Island Indonesia, oleh Pahlano Daud dan beberapa dosen lainnya menjadi pemateri dalam seminar ini. “Diantaranya Agustinus Lumettu, Robert Towoliu, Dianne Rondonuwu, Margresye Rompas, Frans Rattu,  Margaretha Warokka, Deisy Andih, Meiske Sangian, Pratidina Tenda, Youdy Gumolili, Jeanlly Solang, Bernadain Dainty Polii, Telly Kondoj, Rudy Wowiling, Alma Pongtoluran, Tommy Kontu, Ester Tulung, Selvi Kalele dan Maykel Karauwan," pungkasnya.(ite)

Kirim Komentar