06 Jun 2018 12:16

Pertengahan Agustus Berangkat Menuju Arab Saudi, CJH Sulut Dibimbing Lewat Manasik Haji

MyPassion
Jamaah Haji asal Sulawesi Utara tahun 2017 lalu saat tiba di Asrama Haji embarkasi Balikpapan. Tahun ini, CJH akan berangkat ke tanah suci pertengahan Agustus 2018.(Dok MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahapan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018, baik tahap satu dan dua, telah usai beberapa waktu lalu. Sekira 715 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Sulut, dipastikan akan berangkat melalui embarkasi Balikpapan. Saat ini para CJH yang tersebar di sekira 15 kabupaten/kota, tengah melaksanakan bimbingan Manasik Haji di daerahnya masing-masing.

Hal ini disampaikan Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulut melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Abdul Aziz Tegela MM. Menurutnya, bimbingan Manasik Haji wajib diikuti oleh peserta haji setiap tahun. "Bimbingan ini berkaitan dengan tata cara berhaji, prosedur tentang proses pejalanan ibadah haji dan pembekalan lainnya," katanya.

Dari 15 kabupaten/kota, lanjut Tegela, saat ini lima daerah sementara melaksanakan bimbingan Manasik Haji. "Sementara CJH dari Manado, Bolmong, Minut dan Minahasa serta Bolsel. Nanti setelah lebaran, sekira  10 kabupaten lainnya. Terkait untuk informasi kaitan Manasik dan ibadah haji," ungkapnya.

Tegela menjelaskan, jadwal keberangkatan CJH tahun ini telah ditetapkan awal Mei kemarin. Sulut dibagi dalam dua kloter pemberangkatan. Yakni pemberangkatan kloter 12 dan 13. “Nantinya sekira 715 CJH akan dikumpulkan di asrama haji. Dan keberangkatannya dari Sulut ke embarkasi Balikpapan, sesuai kloter Agustus mendatang. Tanggal 11 Agustus untuk kloter 12, selanjutnya berangkat ke Arab sekira 12 Agustus. Sementara untuk kloter 13, sekira 12 Agustus berangkat ke embarkasi Balikpapan, dan 13 Agustus nanti berangkat dari embarkasi ke Arab Saudi. Berangkatnya hanya selisih satu hari setiap kloter," ujarnya.

Tambah Tegela, sebab pembagian kloter ini, terbentur dengan jumlah kuota CJH tiap keberangkatan. "Karena satu kloter hanya sekira 455 orang, maka Sulut dengan 715 CJH, dibagi dua kloter. Untuk CJH yang masuk kloter 12, itu utuh sebanyak 450 CJH ditambah lima petugas dari Sulut. Sementara kloter 13, adalah gabungan. CJH dari Sulut, sekira 245 orang. Dan akan bergabung dengan kloter dari Kalimantan Timur," tukasnya.(ctr-01/tan)

Kirim Komentar