06 Jun 2018 13:20

Data Pemilih Diduga Bermasalah, IvanSa-CNR Kritik KPU

MyPassion
Paslon Ivan Sarundajang - Careig Naicel Runtu (IvanSa-CNR) mempertanyakan data pemilih yang akan digunakan dalam pilkada Minahasa.

MANADOPOSTONLINE.COM—Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati  Minahasa nomor urut 1, Ivan Sarundajang - Careig Naicel Runtu (IvanSa-CNR) mempertanyakan data pemilih yang akan digunakan dalam pilkada. Menurut keduanya, DP4 yang berbasis Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bermasalah.

Menurut IvanSa, kritik mereka sebagai upaya membela hak konstitusi masyarakat yang terancam terzolimi. "Ada beberapa permasalahan yang harus kita cermati bersama dalam tahapan Pilkada Minahasa. Seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT). Karena menurut kami, ada masalah serius terkait data ini," ujarnya.

Lanjutnya, harus dipahami apa yang mereka ungkapkan tersebut adalah upaya membela hak pemilih. “Bukan bermaksud mendeskreditkan pihak tertentu meskipun kami sedikit kecewa dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak menindaklanjutji permasalahan data yang kami temui," sambungnya.

Sementara itu, CNR mengatakan, temuan terkait masalah ini sudah berulang kali disampaikan ke KPU dalam beberapa kesempatan. Penyampaian itu dilakukan secara lisan dan secara resmi melalui tulisan.

"Kami berbicara seperti ini didasari data valid dan kami mampu mempertanggungjawabkanya. Jadi bukan hanya asal bicara," tegas CNR.

CNR berharap, temuan tersebut dilakukan koreksi oleh pihak terkait. “Kalau diabaikan maka implikasinya akan buruk. Kesanya ini seperti ada indikasi penggelembungan data pemilih," pungkasnya.

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU minahasa Lord Malonda mengatakan akan membahas masalah tersebut dengan tim kampanye paslon dan Panwaslu Minahasa, Kamis (7/6) esok.

“Belum bisa kami jawab karena harus difaktual. Apalagi nama-nama belum ada. Yang masalah lain nanti ketemu langsung dan kami jawab,” ungkapnya

Lanjutnya, diharapkan saat rakor Kamis esok berjalan lancar. “Kami akan memberikan tanggapan hasil pencermatan DPT by name by address. Kalau ada yang tidak jelas akan kami jelaskan. Dan by name yang masuk tanggapan akan kami faktual kembali,” tambahnya.(ctr-02/can)

Kirim Komentar