06 Jun 2018 12:05

DPRD Apresiasi Raihan Opini WTP Talaud

MyPassion
Godfried Timpua

MANADOPOSTONLINE.COM—Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut, kembali menyematkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Talaud. Itu merupakan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

Perolehan penghargaan di bidang pengelolaan keuangan tersebut, mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Diantaranya DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud. Anggota Komisi I DPRD Talaud Godfried Timpua mengatakan, perolehan Opini WTP merupakan prestasi kali kedua diraih Kabupaten Talaud berturut-turut, sejak Talaud berotonomi 2002 lalu.

“Ini adalah prestasi bersama yang terstruktur. Bukan hanya kerja satu atau dua orang saja.  Kita patut mengapresiasi kinerja teman- teman di pemerintahan, mulai dari staf sampai bupatinya. Artinya bahwa mereka telah bersinergi dalam menyelenggarakan roda pemerintahan di Talaud. Ini harus terus dipertahankan,” ujar Timpua, Selasa (5/6) kemarin.

Hal senada juga diungkapkan Pdt Van Heivel Ambuliling. Ia menambahkan, DPRD sebagai tandem pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, turut berbahagia dengan prestasi yang diraih. Disamping opini yang dikeluarkan BPK, hal penting lain yang harus dilihat dan ditindaklanjuti adalah catatan-catatan BPK dalam LHP.

“BPK sebagai lembaga yang memiliki kewenangan  untuk memeriksa keuangan daerah memiliki tolok ukur dan titik fokus tertentu mengeluarkan opini untuk menilai sampai sejauh mana kepatutan dan kelayakan penyelenggaraan tata kelola keuangan di daerah. Nanti sesuai mekanisme, DPRD akan menindaklanjuti LHP BPK tersebut, bersama dengan pemerintah, untuk membicarakan dan menentukan langkah menyelesaikan catatan-catatannya,” tandas Ambuliling.(fik/gnr)

Kirim Komentar