05 Jun 2018 20:50

Tukin TNI dan Polri Naik 70%, Pendapatan Babinsa Melonjak 7 Kali Lipat

MyPassion
Presiden Joko Widodo mengungkapkan pada bulan depan pendapatan operasional Babinsa naik 771 Persen. (JawaPos.com)

MANADOPOSTONLINE.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) bisa tersenyum lebar usai lebaran nanti. Pasalnya, gaji dan tunjangan mereka naik secara drastis. Kabar baik itu diumumkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri buka puasa bersama keluarga besar TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (5/6).

Dia menuturkan, pendapatan operasional yang diterima Babinsa naik yang biasanya per bulan terendah Rp 310 ribu kini menjadi Rp 2,7 juta.

"Ini melompat 771 persen. Tapi di sini nggak ada Babinsa kan? Tapi saya kira seluruh Babinsa yang mendengar apa yang saya umumkan ini akan sangat bergembira terutama yang berada di pelosok-pelosok," kata Jokowi dilansir JawaPos.com.

"Bahkan untuk pendapatan Babinsa yang tertinggi kemarin Rp 1.300.000 dinaikkan jadi Rp 3.600.000," papar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 yang bakal diterima TNI dan Polri. "Semoga tunjangan THR sudah terima semuanya. Kemudian nanti ditunggu lagi Juli ada gaji ke tiga belas," kata Jokowi.

Namun tak hanya itu, keluarga besar TNI dan Polri juga mendapat kenaikan gaji yang cukup tinggi.

"Selain itu juga akan saya umumkan mengenai kenaikan tunjangan kinerja atau tukin yang akan juga diberikan di bulan Juli. Untuk TNI-Polri semuanya naik jadi 70 persen," ungkap Jokowi dan langsung disambut meriah jajaran TNI-Polri yang hadir.

Sekadar informasi, buka puasa bersama di Mabes TNI Cilangkap tak hanya dihadiri Jokowi dan istrinya, Iriana. Hadir pula Wapres Jusuf Kalla dan istrinya. Tak ketinggal sejumlah jajaran menteri dan kepala lembaga. Tampak pula mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (jpc/mpo)

Kirim Komentar