05 Jun 2018 14:52

Perusahaan di Boltim Wajib Bayarkan THR Karyawan

MyPassion
Jantje Mawikere

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Boltim mendesak seluruh perusahaan yang ada, untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh karyawan. 

Sekretaris Disnakertrans Jantje Mawikere menuturkan, pembayaran THR wajib dilakukan oleh perusahaan. Karena hal tersebut, sudah diatur oleh undang-undang dan hak semua pekerja. "Perusahaan wajib bayar THR karyawannya. Karena itu ada regulasinya," ungkapnya.

Dia pun meminta, pembayaran THR paling lambat tujuh hari sebelum lebaran. Dia pun menekankan, saat ini pihaknya sudah menyurat ke semua perusahaan yang ada di Boltim, untuk mengingatkan pembayaran THR. "Kami sudah menyurati semua perusahaan di Boltim. Sesuai dengan peraturan, THR karyawan dibayarkan tujuh hari sebelum hari raya. Sehingga aturan tersebut, harus ditaati oleh pengusaha dan juga pihak perusahaan yang ada," dia menekankan.

Dia menegaskan, jika ada perusahaan yang tidak melaksanakan aturan tersebut akan diberikan surat teguran bahkan sanksi. "Kami akan melakukan teguran secara tertulis. Jika tidak didengar, maka akan ada sanskinya. Ini wajib karena bukan perintah Pemkab, tapi ada aturan yang mengatur," terangnya.

Sementara mengenai penerapan cuti bersama, Ia menuturkan, pihaknya masih menunggu surat edaran dari pemerintah pusat. "Untuk cuti bersama kami tinggal menunggu surat edaran," ujarnya.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Boltim Nasrudin Simbala menambahkan, pihaknya siap menerima laporan dari para buruh dan pekerja yang tidak mendapat THR. "Ada laporan tentu kita proses. Kami juga berharap perusahaan patuhi aturan yang diberlakukan pemerintah," singkat Politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.(tr-01/ite)

Kirim Komentar