05 Jun 2018 12:02

Pemkab Talaud Dua Kali Boyong Opini WTP

MyPassion
Plt Bupati Talaud Petrus Tuange bersama Ketua DPRD Max Lua, saat menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di kantor BPK Perwakilan Sulut, Senin (4/6) kemarin. (Dok Humas Pemkab)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabupaten Kepulauan Talaud, kembali memboyong penghargaan prestisius dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara. Senin (4/6) kemarin Kepala BPK Sulut Tangga Muliaman Purba, menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

Hasilnya, untuk kedua kalinya Pemerintah Talaud, mendapat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan diterima langsung Plt Bupati Talaud Petrus Tuange serta Ketua DPRD Max Lua. Penyerahan LHP, digelar di aula Kantor BPK Sulut.

Tuange menyebutkan, penilaian yang diberikan merupakan penilaian yang objektif dari lembaga berkompeten, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap LKPD. Ia pun berharap, kekurangan yang didapati akan ditindaklanjuti sesuai rekomendasi BPK. “Prinsipnya, opini WTP yang di dapat bukan berarti pengelolaan keuangan sudah baik. Masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Semua catatan rekomendasi dari BPK akan ditindaklanjuti selama 60 hari. Untuk itu, para kepala satuan kerja perangkat daerah terkait, segera menindaklanjutinya,” tegas Tuange, usai menerima opini.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Talaud Max Lua menuturkan, pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah merupakan, tugas konstitusional BPK. “Artinya begini, penilaian BPK terhadap LKPD adalah kewenangan independen. Kita bersyukur Talaud bisa mempertahankan opini WTP ini. Walau demikian masih ada kekurangan-kekurangan dan catatan yang diberikan oleh BPK untuk diperbaiki. Itu akan ditindaklanjuti untuk penyempurnaan,” katanya.

Sekkab Adolf Binilang, Inspektur Kabupaten Talaud Modi Gumansalangi, Kabag Administrasi Setwan Drs Marxison Gumolung, dan pejabat lainnya hadir dalam acara ini.(fik/gnr)

Kirim Komentar