04 Jun 2018 11:13
Rossi Posisi Ketiga, Marquez 12

Lorenzo Akhiri Kutukan di Italia

MyPassion
Jorge Lorenzo

MANADO—MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6), kemarin, penuh kejutan. Pembalap Ducati Jorge Lorenzo yang tidak diperhitungkan pada kualifikasi berhasil merajai MotoGP di Italia. Kadang Rossi berubah menjadi milik Lorenzo.

Kemenangan tersebut, sekaligus mengakhiri kutukan Lorenzo yang tidak pernah naik podium selama tahun 2018 dan menjadi kemenangan pertama bersama Ducati, sejak pindah dari Yamaha di awal 2017.

Terakhir kali Lorenzo menjadi pemenang adalah saat seri terakhir MotoGP 2016, MotoGP Valencia. Itu berarti Lorenzo butuh 24 seri untuk bisa menang bersama Ducati. Manisnya kemenangan ini, karena dibukukan di kandang Ducati.

Lorenzo memang tampil sangar sejak start. Mengawali balapan 23 laps ini dari posisi kedua, Lorenzo langsung memimpin, meninggalkan Valentino Rossi, Marc Marquez, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Alex Rins, Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci.

Marquez bohong! Sinyal akan bermain aman yang dia berikan saat jumpa pers tidak benar. Di lap kedua, Marquez menyalip Rossi. Namun Rossi tak mau malu di kandang sendiri, tak mau tinggal, terus menempel Marquez.

Untuk sementara, Lorenzo tenang di depan. Sementara tiga rider di belakangnya, Marquez, Rossi dan Iannone saling mencari celah. Rossi terlihat bernafsu menyalip Marquez, tapi di belakangnya, Iannone juga menempel. Andrea Dovizioso membuat rombongan pembalap di depan jadi lima. Sementara Rins dan Petrucci juga tak jauh-jauh amat di posisi enam dan tujuh.

Marquez crash di lap empat Turn 10. Dia mencoba untuk menyelamatkan motornya saat selip, tapi gagal. Namun dia tidak out, terlempar ke posisi ke-18. Di depan, Lorenzo, Rossi, Dovizioso, Iannone, Rins dan Petrucci.

Dovi mulai panas. Saat balapan tersisa 17 lap, Dovi menyalip Rossi dan membuat Ducati memimpin 1-2. Lorenzo masih di depan.

Posisi tak berubah saat balapan tersisa 12 lap. Lorenzo di depan, mulai sedikit berjarak dengan Dovizioso dan Danilo Petrucci di posisi ketiga, Iannone, Rossi, dan Rins. Empat pembalap yang disebut terakhir bersaing ketat. Lima lap tersisa, Lorenzo makin nyaman di depan, begitu juga dengan Dovizioso di tempat kedua. Pertarungan sesungguhnya terjadi untuk perebutan tempat ketiga. Rossi, Iannone, Petrucci dan Rins saling salip. Lorenzo akhirnya finis pertama, diikuti Dovizioso dan Rossi.(ite)

Kirim Komentar