04 Jun 2018 19:02

Kenalan dengan Soekiman, Bapak Pencetus THR di Indonesia

MyPassion
Soekiman Wirjosandjojo (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Jelang hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) ramak dibicarakan. Ya, THR adalah hal yang paling ditunggu-tunggu para pekerja di Indonesia menjelang hari raya keagamaan. Dengan adanya THR, karyawan/pekerja bisa membeli berbagai macam kebutuhan hari raya.

Pemerintah Indonesia bahkan mencantumkan THR dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003, dimana pengusaha wajib memberikan THR atau pendapatan non upah kepada para pekerjanya menjelang Hari Raya keagamaan.

Tapi tahu tidak siapa orang pertama yang mencetuskan ide pemberian THR? Dia adalah Perdana Menteri sekaligus Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia ke-6, Soekiman Wirjosandjojo.

Awalnya, Soekiman menggagas THR yang hanya diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap akhir bulan Ramadhan. THR yang diberikan kepada PNS ketika itu berkisar Rp 125 sampai Rp 200 yang setara dengan Rp 1,1 juta sampai Rp 1,7 juta saat ini.

Namun kebijakan ini mengundang reaksi keras dari kalangan buruh. Mereka menganggap kalau pemerintah tidak adil karena memberikan THR hanya kepada golongan PNS.

Sementara para buruh menganggap kalau mereka juga sama-sama bekerja keras. Hingga akhirnya para buruh melakukan aksi mogok kerja secara serentak.

Seiring berjalannya waktu, kini THR diberikan kepada seluruh pekerja di Indonesia menjelang hari lebaran. Berterimakasihlah kepada Bapak Soekiman. (mpo)

Kirim Komentar