04 Jun 2018 13:50

Di Jepang, Robot Diberdayakan Jadi Wartawan

MyPassion
Ilustrasi: Ruang pengelolaan informasi atau newsroom. (TVForum)

MANADOPOSTONLINE.COM - Perusahaan media yang bertugas menyajikan berita atau informasi kepada khalayak sewajarnya memperkerjakan manusia sebagai wartawannya. Namun bagaimana jadinya jika berita yang sampai dan dibaca masyarakat merupakan hasil karya dari sebuah robot? Ya, robot.

Zaman yang semakin canggih seolah tak menutup kemungkinan apapun, termasuk memberdayakan robot sebagai wartawan atau jurnalis. Mengamati isu terkini, mencari informasi dan fakta di lapangan, melakukan analisa hingga sampai kepada proses penulisan semua dilakukan oleh robot.

Media yang memberdayakan kecerdasan robot sebagai wartawan ialah JX Press. Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Bloomberg, Senin (4/6), JX Press mulanya sebuah startup kecil yang bernama JX Press Corp, sebuah perusahaan teknologi berita yang didirikan pada 2008 oleh Katsuhiro Yoneshige.

Awalnya hal di luar kewajaran itu dilakukannya ketika ia masih berstatus mahasiswa baru di perguruan tinggi. Kala itu Yoneshige membuat sebuah program komputer untuk melaporkan insiden yang terjadi di sekitarnya.

Apa yang terjadi? Woyla! Berita yang dia buat muncul setengah jam lebih cepat daripada media yang sudah memiliki nama-nama besar. Bahkan menurut seorang pengamat, ia melakukannya dengan sangat cepat meskipun tidak memiliki wartawan.

123
Kirim Komentar