04 Jun 2018 13:04

Dana Parpol di Minsel Bisa Naik

MyPassion
Benny Lumingkewas

MANADOPOSTONLINE.COM—Besaran dana bantuan bagi partai politik di Minsel berpotensi naik. Hal itu menyusul diberlakukannya PP 1/2018 dan Permendagri 36/2018. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Minsel Benny Lumingkewas menjelaskan, dalam aturan tersebut setiap parpol pemilik kursi di DPRD kabupaten berhak menerima bantuan dana Rp 1.500 per suara.

Namun, daerah yang telah memberikan bantuan lebih besar di tahun-tahun  sebelumnya tetap mengucurkan anggaran sama. "Nah jadi tidak ada perubahan di Minsel. Aturan tersebut lebih difokuskan pada daerah yang memberikan bantuan parpol kecil untuk operasional parpol," tuturnya.

Bahkan lanjut dia, aturan tersebut mempersilahkan adanya penambahan anggaran bagi parpol bila kemampuan keuangan daerah cukup. "Tapi yang pasti belum tahun ini. Karena harus ada kajian dan rumusannya. Tahun depan pasti beda lagi," jelasnya.

Diketahui, selang lima tahun terakhir pemkab mengalokasikan anggaran hingga Rp 762 juta untuk dana bantuan parpol. Jumlah itu dibagi ke tujuh parpol pemilik kursi di DPRD Minsel. "Per suara sah Rp 5.866. Tahun depan pasti berubah karena sudah akan pemilu. Kalau ada kenaikan pasti dibahas di TAPD,” tutupnya.(jen/fgn)

Kirim Komentar