04 Jun 2018 14:05

2.287 UKM Boltim Topang Ekonomi

MyPassion
Ramlah Mokodompis

MANADOPOSTONLINE.COM—Jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Boltim terus bertambah. Dari data Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Usaha Menengah dan Kecil (Disperindagkop dan UKM) Boltim ada 2.287 UKM menopang perekonomian.

Kepala Dinas Disperindakop dan UKM Ramlah Mokodompis,  melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM Djantra Damopolii  menjelaskan, minat masyarakat Boltim untuk membuat dan mengembangkan suatu usaha cukup baik. "Masyarakat Boltim sangat produktif dan mampu memanfaatkan peluang Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. Membuat beragam jenis usaha sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar," katanya.

Dia membeberkan, ada beberapa jenis UKM yang ada di Boltim. Mulai dari perdagangan, industri, pertanian, otomotif, fashion, dan lain sebagainya. "Ada banyak jenis UKM. Mulai dari modal kecil hingga yang ratusan juta. Semuanya didata dan diklasifikasikan. Agar  diketahui usaha mana yang masuk kategori kecil, menengah, dan besar," sebutnya.

Meskipun tak memungkiri selama ini, pihaknya sedikit sulit mengklasifikasikan kategori usaha yang ada. Karena banyak pemilik usaha yang tidak terang-terangan mengakui modal yang dikeluarkan saat mendirikan usaha. "Ada warung kecil, tapi bilang modal puluhan juta. Tapi ada juga usaha yang gedungnya besar, tapi mengaku modalnya kecil. Sedikit sulit, tapi kami terus melakukan survei agar bisa diketahui kebenaran modal dari setiap UKM yang terdaftar. Agar pengelompokannya juga tidak salah," dia berjanji.

Dia berharap, jumlah UKM akan terus bertambah dan lebih produktif. Bahkan bisa memperkenalkan usaha yang dibuat hingga ke luar daerah juga luar negeri. "Semoga minat masyarakat untuk membuat usaha semakin bertambah. Bagi yang sudah, semoga bisa terus konsisten menjaga usahanya. Entah itu usaha kecil dan menengah. Jika terus dikembangkan akan menjadi besar," ungkapnya.

Perkembangan UKM ini pun mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit. Meskipun belum sebanyak yang ada di daerah lain, tapi semangat dan kemauan masyarakat Boltim yang ingin memiliki usaha sendiri harus diberikan dukungan.

Dia berharap, keberadaan UKM ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi yang ada di Boltim." UKM adalah salah satu motor penggerak perekonomian. Bukan hanya untuk negara, tapi juga untuk daerah. Semoga keberadaan UKM ini bisa menjadi roda penggerak ekonomi yang ada di Boltim," tukasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar