02 Jun 2018 08:22
Sekwan Sulut: Semua Menerima

Wow!! THR Anggota Dewan 26 Juta

MyPassion

MANADO—Kabar gembira mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran 2018, juga berimbas ke anggota DPR. Selain Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri, anggota dewan juga dipastikan menerima THR tahun ini. Di Sulawesi Utara sendiri, ada 16 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD); 15 di kabupaten-kota, satu di provinsi.

 

Lantas, kapan penyaluran THR untuk parlemen dicairkan? SPM peyaluran THR untuk DPR, MPR, dan DPD, telah disampaikan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta VII. Adapun pencairannya, akan dilakukan secara serentak pada 4 Juni 2018 mendatang. Ini dilansir dari cnbcindonesia.com.

Dengan rincian yang didapat dari Kementerian Keuangan; Ketua DPR Rp 26,6 juta. Wakil ketua DPR 22,8 juta. Anggota DPR Rp 16,4 juta. Kemudian, ketua MPR Rp 26,6 juta. Wakil ketua MPR Rp 22,8 juta. Selanjutnya, untuk para senator; Wakil ketua DPD Rp 20,6 juta. Anggota DPD Rp 14,4 juta.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Dewan (Sekwan) Sulut Bartolomeus Mononutu, tak menampik info ini. Katanya, semua anggota DPRD dan pimpinan dewan, akan menerima THR bahkan gaji 13 tahun ini. Itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 dan 19, di mana ada yang namanya THR dan gaji 13. “Semua anggota DPRD Sulut dan pimpinan menerima. Tetapi nominalnya, tidak seperti pendapatan mereka,” ungkap Mononutu, saat dikonfirmasi Manado Post, semalam.

“Karena ini (THR) hanya tunjangan keluarga dan gaji pokok. Jadi misalnya pendapatan mereka 50 juta, mereka hanya menerima 10 sampai 20 juta,” jelasnya.

Lanjut Mononutu, nominal dari THR memang tidak disebutkan. “Nominalnya memang saya tidak tahu jika berapa. Yang jelas, besaran untuk anggota dewan semuanya sama. Begitupun untuk pimpinan,” ungkapnya.

Waktu pencairan THR, katanya diusahakan sebelum hari raya. H-7 proses pencairan sudah dilakukan. “Pencairan tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing anggota dewan dan pimpinan,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku kaget dengan keputusan tersebut. Sebab, keputusan itu baru diberitahukan ke meja pimpinan, Kamis (31/5) sore. Hanya saja, besaran THR yang diterima oleh anggota DPR jumlahnya bervariasi. Untuk Ketua DPR jumlah THR yang diterima adalah Rp 25 juta.

“Dan sekarang ini saya kaget tahun ini ada THR, di mana kemarin sampai pukul 15.00 WIB sore belum tahu kalau ada keputusan anggota dan pimpinan DPR dapat THR, sebesar bervariasi, dan saya sendiri Ketua DPR katanya dapat Rp 25 juta,” ujar Bamsoet di Kompleks Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6). Meski demikian, Bamsoet menyatakan akan memberikan THR yang didapatnya itu kepada korban bom di Surabaya.

Diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan, pimpinan dan anggota DPR juga memperoleh THR Idul Fitri. Hal tersebut untuk menampik sejumlah anggapan bahwa DPR tidak pernah menerima THR Idul Fitri.

“Pimpinan dan anggota (DPR) memperoleh THR juga,” ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Gedung DPR-MPR, Jakarta, Kamis (31/5). “Besarannya sesuai dengan ketentuan. Besarannya saya enggak tahu tahun ini, enggak hapal angkanya. Besarannya sama tahun lalu dan sesuai dengan ketentuan. Ada PP-nya,” pungkas Askolani.(tr-02/gnr)

Kirim Komentar