02 Jun 2018 12:14

Wabup Boltim: Pancasila Pemersatu Bangsa

MyPassion
MOTIVASI: Wabup Boltim Rusdi Gumalamgit memberikan arahan di upacara Hari Kelahiran Pancasila, di Kantor Bupati Boltim, kemarin. (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pancasila bukan hanya lantang diucapkan, tapi juga harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Boltim Rusdi Gumalamgit, saat memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila, di Kantor Bupati Boltim, Jumat (1/6), kemarin.

Dia mengatakan, kelahiran Pancasila harus menjadi momen pengingat,  pemacu, dan juga momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam diri setiap orang, termasuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Boltim.

Menurut dia, sebagai masyarakat Indonesia, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk memastikan dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila yang ada. "Nilai-nilai Pancasila harus kita tanamkan dalam hati dan pikiran kita. Agar kita semua terhindar dari hal-hal yang kurang baik. Harus bersatu, saling menghargai dan menghormati. Cintai perbedaan," pesannya.

Dia menekankan, sebagai fondasi negara Pancasila memiliki peran sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, untuk membuat Indonesia kokoh dan bersatu, berdaulat, adil, makmur, dan menyatukan semua perbedaan.

Wabup mengimbau kepada semua pegawai dan tamu undangan yang hadir, untuk bisa mengamalkan Pancasila dan menjadikannya sebagai alat untuk peneguh, penyemangat untuk meraih dan mencapai prestasi khususnya di lingkungan Pemkab Boltim. "Mari sama-sama amalkan Pancasila. Lakukan yang terbaik. Cintai perbedaan dan raih prestasi yang setingi- tingginya, dan mari sama-sama memajukan Boltim dengan kinerja yang penuh disiplin dan juga tanggung jawab,” katanya. “Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara," tukasnya.

Upacara tersebut berlangsung hikmat. Turut hadir Kapolsek Kotabunan Kompol Suparno, Dandim 1303 Bolmong, serta seluruh PNS Pemkab Boltim. (tr-01/ite)

Kirim Komentar