02 Jun 2018 08:35

HUT PI dan PK Dibuka Konven Misi

MyPassion
Evert Tangel

MINUT—Gereja Masehi Injili di Minahasa ( GMIM) akan menggelar HUT Pekabaran Injil (PI) dan Pendidikan Kristen (PK) yang ke-187 di Rayon Minahasa Utara (Minut). "Kegiatan HUT PI dan PK akan dibuka besok (hari ini, red) dalam konven misi di Wilayah Serei. Akan dihadiri oleh para pendeta, guru agama dan Komisi Doa dan Penginjilan," ungakap Sekretaris Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Evert Tangel MPdK.

Tambahnya, untuk acara puncak akan dilaksanakan 12 Juni di Rayon Minut. “Secara umum tentu tujuan kegiatan ini untuk memperingati sejarah pekabaran Injil di tanah Minahasa. Memang kalau HUT PI berhubungan dengan kedatangan Riedel dan Schwarz, pada 12 Juni 1831. Seiring dengan kedatangan mereka berdua, ada juga upaya-upaya yang dilakukan melalui pendidikan," ujarnya.

Pdt Evert melanjutkan, berangkat dari usaha-usaha penginjilan yang sudah bertumbuh dan berbuah di tanah Minahasa, pihaknya berharap semangat penginjilan itu menjadi bagian dari gereja masa kini. "Prinsipnya bagaimana supaya melalui perayaan HUT PI dan PK, jemaat akan semakin disemangati dengan tugas-tugas panggilan pelayanan serta upaya-upaya melalui peningkatan kualitas pendidikan," tuturnya.

Dia berharap, semangat penginjilan yang dimiliki Riedel dan Schwarz, dapat memberi motifasi bagi gereja dan pelayan khusus di GMIM untuk peningkatan kualitas penginjilan dan pendidikan. "Tentu kami berharap pelaksanaan tidak hanya dalam bentuk seremonial saja. Tetapi bagaimana pemaknaan dari perayaan itu sendiri dan kami juga mengharapkan kerja sama yang baik bagi jemaat, agar dapat menopang, mengikuti serta mensukseskan kegiatan ini," pungkasnya.

Sementara itu, antisipasi kemacetan Polres Minut melakukan rekayasa lalu lintas. Dikatakan Kapolsek Likupang AKP Steven Simbar, pihaknya bekerja sama dengan panitia, akan melakukan rekayasa lalu lintas menuju Likupang, agar tidak terjadi kemacetan berkepanjangan.

Dibeberkan Simbar, pihaknya menyarankan, warga GMIM dari Kabupaten Minsel, Tomohon dan Manado untuk melewati jalur Wori, lewat samping Bandara Sam Ratulangi. Sedangkan Kabupaten Mitra, Minahasa, Bitung dan sebagian warga Minut, melewati jalur Tatelu - Dimembe. “Sampai di Likupang, dari arah Tatelu – Dimembe, bisa lewat Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan. Bisa juga lewat Desa Likupang,” ujarnya.

Dikatakan Simbar, hal ini dilakukan agar tidak terjadi lagi kemacetan yang sangat parah saat kegiatan. “Apalagi yang akan hadir, diperkirakan puluhan ribu warga GMIM. Untuk itu, sangat diharapkan, semua warga GMIM yang akan menghadiri kegiatan ini, mengikuti jalan sesuai rekayasa lalu lintas. Untuk menghindari kemacetan,” kuncinya.(ctr-01/tan)

Kirim Komentar