30 Mei 2018 08:39
Didapati Kabur dan Berbintik Hitam

Sudah Didistribusikan, Ratusan Ribu Surat Suara Diamankan Polisi

MyPassion

MANADO—Surat suara untuk pilkada serentak di enam kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut) sudah didistribusikan. Semuanya, saat ini sedang diamankan dan dalam pengawasan polisi di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

 

Seperti di Minahasa Tenggara (Mitra) sebanyak 84.338 surat suara sudah mulai dilakukan pelipatan, Selasa (29/5) kemarin. Dalam kegiatan pelipatan di Kantor KPUD Mitra itu dikawal personel kepolisian yang masuk Satgas Ops Mantap Praja (OMP).

Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) AKBP Winardi Prabowo membenarkan hal itu. Menurutnya, personel di jajarannya tetap dalam status siaga di KPU Mitra.

“Kita terus menyiagakan puluhan personel bersenjata di dalam kantor KPU. Serta penjagaan di luar kantor KPU untuk pengamanan rangkaian pelipatan kertas suara,” ujar Prabowo.

Dibeberkannya, Satgas OMP Polres Minsel juga terus mengintensifkan kegiatan patroli gabungan lintas instansi. Serta memperkuat jaringan intelijen. Terutama dalam kaitan pemetaan kerawanan potensi konflik yang bisa mengganggu stabilitas kamtibmas selama momen pilkada.

Ditambahkan Prabowo, pengawalan pelipatan surat suara dikawal langsung 10 personel Mapolres. Kemudian dibantu dengan pengamanan dari Polsek Ratahan. Komisioner KPU Mitra Divisi Logistik Irvan Rabuka menyebutkan, jumlah surat suara yang masuk 84.388. Itu mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 80.271. Ditambah dengan cadangan 2,5 persen. “Serta 2.000 surat suara untuk pemilihan suara ulang (PSU). Totalnya 84.388 surat suara,” katanya.

Namun yang dilakukan pelipatan, sementara baru sesuai jumlah DPT dan kertas cadangan. Sedangkan surat suara untuk PSU belum dilakukan. “Jadi baru 82.388 surat suara yang kami lakukan pelipatan. Kami targetkan bisa selesai dalam dua hari ke depan. Karena untuk hari pertama pelipatan, sudah ada 14 ribu yang disortir,” tandasnya.

Namun, lanjut Rabuka, dari hasil sortir sementara, ditemukan ada surat suara bermasalah. Misalnya warna surat suara yang tidak terlalu nampak. Serta ada beberapa yang didapati memiliki bintik hitam.

"Itu akan kami bahas dengan komisioner lainnya dan Panwas. Guna menyepakati itu akan digunakan atau tidak. Namun sebelumnya menyelesaikan penyortiran, baru kami rekap berapa surat suara yang bermasalah," tandasnya.

Di Minahasa, KPU juga sementara menyiapkan surat suara termasuk dengan cadangan. Sesuai DPT, pemilih Minahasa berjumlah 251.104 orang.

Menurut Komisioner KPU Minahasa Wisye Wilar, surat suara cadangan 2,5 persen dari jumlah DPT. “Itu ada 62.776 surat suara cadangan dan itu terbagi semua TPS,” katanya.

Dia pun berharap tahapan selanjutnya tetap berjalan lancar. “Semoga tidak terjadi masalah di saat pilkada nanti. Masyarakat juga bisa bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan saat memilih nantinya,” tutupnya.

12
Kirim Komentar