29 Mei 2018 09:47

Nilai Unas SMP Turun

MyPassion

JAKARTA—Tidak ada soal kategori sangat sulit di ujian nasional (unas) SMP sederajat, layaknya di jenjang SMA. Namun hasil Unas SMP tahun ini mengalami penurunan dibanding sebelumnya. Paling tajam adalah penurunan di mata pelajaran matematika.

Berdasarkan pemaparan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kemarin (28/5), secara keseluruhan nilai rata-rata Unas SMP tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu sebanyak 3,17 poin (lihat grafis). ’’Saya lebih sreg menyebutnya (penurunan nilai unas, Red) terkoreksi,’’ kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno kemarin (28/5).

Pengamat pendidikan Indra Charismiadji menuturkan banyak sekali penyebab turunnya nilai unas. Termasuk untuk jenjang SMP yang kemarin dirilis Kemendikbud. Dia mengatakan kalau Kemendikbud menyebut ada dugaan guru tidak tuntas dalam mengajar, berarti ada persoalan dalam penyajian materi. ’’Sebagai praktisi pendidikan, materi (pelajaran, Red) kita terlampau banyak,’’ tuturnya.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menuturkan ada perbedaan setelah hasil unas SMP dan SMA diumumkan. Dia menjelaskan di unas SMA sederajat, peserta ujian berkesempatan melakukan ujian perbaikan. ’’Ujian perbaikan SMA pada 24-25 Juli,’’ katanya.

Sementara untuk unas SMP, Bambang menjelaskan tidak ada ujian perbaikan. Sebab orientasinya adalah adanya program wajib belajar. Sehingga siswa SMP sederajat didorong untuk melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK sederajat. Berbeda dengan lulusan SMA atau SMK yang memiliki alternatif untuk bekerja. ’’Lulusan SMP dituntut untuk meneruskan belajar. Tidak dituntun untuk bekerja. (Lulusan SMP, Red) masih di bawah umur,’’ tuturnya.(jpg/tan)

Kirim Komentar